PERBANDINGAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA PESERTA DIDIK YANG MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DENGAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TREFFINGER DI SMK TARUNA JAYA GRESIK

SAPUTRA, NUR WAHYU BAGUS (2020) PERBANDINGAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA PESERTA DIDIK YANG MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DENGAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TREFFINGER DI SMK TARUNA JAYA GRESIK. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (194kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (236kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (258kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (316kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (553kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (192kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (163kB)

Abstract

Kemampuan Pemecahan masalah matematika merupakan bagian penting dalam pembelajaran matematika yang harus dimiliki oleh peserta didik. Untuk mengembangkan kemampuan pemecahan masalah matematika diperlukan sebuah model pembelajaran yang inovatif dan mampu meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika. Model pembelajaran yang dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika adalah model pembelajaran berbasis masalah dan model pembelajaran kooperatif (treffinger). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menegtahui adakah perbedaan antara kemampuan pemecahan masalah matematika yang menggunakan pembelajaran berbasis masalah dengan pembelajaran Kooperatif tipe treffinger di SMK Taruna Jaya Gresik Jenis penelitian ini adalah penelitian komparatif dengan populasi seluruh peserta didik kelas X SMK Taruna Jaya Gresik tahun pelajaran 2018/2019. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas yaitu kelas X BDP yang terdiri dari 22 peserta didik dan kelas X AKL yang terdiri dari 26 peserta didik. Untuk menentukan kelas yang menggunakan pembelajaran berbasis masalah dan kelas yang menggunakan pembelajaran kooperatif tipe treffinger menggunakan teknik simple random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi dan tes. Metode dokumentasi berupa Penilaian Tengah Semester (PAS) peserta didik kelas X tahun pelajaran 2018/2019. Instrument penelitian yang digunakan adalah soal tes kemampuan pemecahan masalah matematika berbentuk uraian yang sebelumnya di uji validitas dan reliabilitasnya. Berdasarkan analisis data yang menggunakan uji U dengan taraf signifikansi 0,05 didapatkan nilai Asymp. Sig (2-tailed) = 0,001 < 0,05, maka ditolak.. Sehingga peneliti dapat menarik kesimpulan bahwa ada perbedaan antara kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik yang menggunakan pembelajaran berbasis masalah dengan pembelajaran kooperatif (treffinger) di SMK Taruna Jaya Gresik

Item Type: Thesis (undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika, Model Pembelajaran Berbasis Masalah, Model Pembelajaran Kooperatif tipe Treffinger.
Subjects: Mathematic Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Mathematic Education Study Program
Depositing User: maysatin may aliah
Date Deposited: 17 Jan 2020 07:23
Last Modified: 11 May 2020 05:37
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/3432

Actions (login required)

View Item View Item