Fajriyanti, Laily Dwi (2018) PERBEDAAN HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN MODEL INKUIRI DAN MODEL KONVENSIONAL SUBTEMA LINGKUNGAN TEMPAT TINGGALKU SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 SIDOKUMPUL GRESIK. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.
|
Text
BAB I insyaAllah.pdf Download (89kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II insyaAllah.pdf Download (157kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III InsyaAllah.pdf Download (166kB) | Preview |
|
Text
BAB IV In syaa Allah.pdf Restricted to Registered users only Download (450kB) |
||
|
Text
BAB V InsyaAllah.pdf Download (28kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan pengaruh model inkuiri terhadap kemampuan pemecahan masalah subtema lingkungan tempat tinggalku siswa kelas IV SD Negeri Sidokumpul 1 Gresik tahun pelajaran 2017/2018 . Desain penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan model eksperimen. Sampel penelitian sebanyak 60 siswa dengan rincian 30 siswa pada kelas eksperimen (pembelajaran menggunakan model inkuiri) dan 30 siswa pada kelas kontrol (pembelajaran menggunakan model konvensional). Teknik dan instrumen pengumpulan data menggunakan lembar tes hasil belajar untuk mengetahui perbedaan hasil belajar peserta didik menggunakan model inkuiri dan model konvensional. Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan oleh peneliti, maka simpulan yang dapat diambil dari penelitian ini adalah ada perbedaan yang signifikan hasil belajar menggunakan model inkuiri dan model konvensional subtema lingkungan tempat tinggalku siswa kelas IV SD Negeri Sidokumpul 1 Gresik. Hal ini dapat diketahui dengan hasil uji hipotesis yang menunjukkan bahwa nilai signifikansi yang diperoleh sebesar 0,027 lebih kecil dari taraf signifikan 0,05. Selain itu, juga dapat dilihat dari nilai rata-rata hasil tes kemampuan pemecahan masalah dengan menggunakan model inkuiri sebesar 83,67 dengan nilai tertinggi 100 dan terendah 60, sedangkan penggunaan model konvensional memiliki nilai rata-rata sebesar 77,33, dengan nilai tertinggi 100 dan terendah 43,33.
Item Type: | Thesis (undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Early Childhood Education |
Divisions: | Faculty of Teacher Training and Education > Primary Teacher Education Study Program |
Depositing User: | Shandy Rahma Ramadhan, S.IIP |
Date Deposited: | 19 Oct 2018 09:19 |
Last Modified: | 08 Mar 2019 01:15 |
URI: | http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/362 |
Actions (login required)
View Item |