PERBEDAAN HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN MODEL INKUIRI DAN MODEL KONVENSIONAL SUBTEMA LINGKUNGAN TEMPAT TINGGALKU SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 SIDOKUMPUL GRESIK

Fajriyanti, Laily Dwi (2018) PERBEDAAN HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN MODEL INKUIRI DAN MODEL KONVENSIONAL SUBTEMA LINGKUNGAN TEMPAT TINGGALKU SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 SIDOKUMPUL GRESIK. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img]
Preview
Text
BAB I insyaAllah.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II insyaAllah.pdf

Download (157kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III InsyaAllah.pdf

Download (166kB) | Preview
[img] Text
BAB IV In syaa Allah.pdf
Restricted to Registered users only

Download (450kB)
[img]
Preview
Text
BAB V InsyaAllah.pdf

Download (28kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan pengaruh model inkuiri terhadap kemampuan pemecahan masalah subtema lingkungan tempat tinggalku siswa kelas IV SD Negeri Sidokumpul 1 Gresik tahun pelajaran 2017/2018 . Desain penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan model eksperimen. Sampel penelitian sebanyak 60 siswa dengan rincian 30 siswa pada kelas eksperimen (pembelajaran menggunakan model inkuiri) dan 30 siswa pada kelas kontrol (pembelajaran menggunakan model konvensional). Teknik dan instrumen pengumpulan data menggunakan lembar tes hasil belajar untuk mengetahui perbedaan hasil belajar peserta didik menggunakan model inkuiri dan model konvensional. Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan oleh peneliti, maka simpulan yang dapat diambil dari penelitian ini adalah ada perbedaan yang signifikan hasil belajar menggunakan model inkuiri dan model konvensional subtema lingkungan tempat tinggalku siswa kelas IV SD Negeri Sidokumpul 1 Gresik. Hal ini dapat diketahui dengan hasil uji hipotesis yang menunjukkan bahwa nilai signifikansi yang diperoleh sebesar 0,027 lebih kecil dari taraf signifikan 0,05. Selain itu, juga dapat dilihat dari nilai rata-rata hasil tes kemampuan pemecahan masalah dengan menggunakan model inkuiri sebesar 83,67 dengan nilai tertinggi 100 dan terendah 60, sedangkan penggunaan model konvensional memiliki nilai rata-rata sebesar 77,33, dengan nilai tertinggi 100 dan terendah 43,33.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Subjects: Early Childhood Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Primary Teacher Education Study Program
Depositing User: Shandy Rahma Ramadhan, S.IIP
Date Deposited: 19 Oct 2018 09:19
Last Modified: 08 Mar 2019 01:15
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/362

Actions (login required)

View Item View Item