Sulistiyowati, Diah (2020) Program ODOPOS (One Day One Problem One Solution) Dalam Matematika Realistik Berbasis Online. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.
|
Text
1. PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
2. HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
HALAMAN PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI Benar.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
4. HALAMAN JUDUL.pdf Download (494kB) | Preview |
|
|
Text
5.1 BAB I.pdf Download (274kB) | Preview |
|
|
Text
5.2 BAB II.pdf Download (475kB) | Preview |
|
|
Text
5.3 BAB III.pdf Download (565kB) | Preview |
|
Text
5.4 BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (483kB) |
||
|
Text
5.5 BAB V.pdf Download (280kB) | Preview |
|
|
Text
6. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (307kB) | Preview |
|
|
Text
7. LAMPIRAN.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini adalah penelitian yang bertujuan untuk mengembangkan program ODOPOS (one day one problem one solution) dalam matematika realistik yang berbasis online. Dengan adanya penerapan matematika realistik ini diharapkan peserta didik memiliki kemampuan untuk memahami matematika dalam kehidupan sehari-hari. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 33 peserta didik kelas V SD Muhammadiyah Manyar tahun pelajaran 2019-2020. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar tes pretest-posttest dan lembar angket respon peserta didik. Hasil-hasil penelitian yang diperoleh adalah: (1) Pengembangan program ODOPOS (one day one problem pne solution) dalam matematika realistik berbasis online yaitu (a) Tahap analisis meliputi analisis karakteristik peserta didik dan analisis materi (b) Tahap perancangan terdapat diagram use case meliputi: home, profile, log in, rangkuman dan contoh soal, latihan soal, nilai dan class progress (c) Tahap pengembangan yaitu mengembangkan rancangan program ODOPOS sesuai dengan diagram use case (d) Tahap Implementasi yaitu hasil pengembangan program ODOPOS diterapkan dalam pembelajaran selama satu minggu. (e) Tahap Evaluasi, meliputi memberikan tes pretest-posttest dan lembar angket respon peserta didik. (2) Ada peningkatan hasil belajar sebesar 84,84% peserta didik memperoleh nilai gain ≥ 0,7 dengan kategori tinggi dari penggunaan program ODOPOS. (3) Respon peserta didik terhadap program ODOPOS berdasarkan kriteria isi memperoleh hasil sebesar 93,49 % atau sangat layak, kriteria bahasa sebesar 98,98% atau sangat layak dan kriteria penyajian memperoleh hasil sebesar 97,72% atau sangat layak.
Item Type: | Thesis (undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | matematika realistik, program ODOPOS, pembelajaran online, hasil belajar matematika |
Subjects: | Education Mathematic Education |
Divisions: | Faculty of Teacher Training and Education > Mathematic Education Study Program |
Depositing User: | Diah Sulistiyowati |
Date Deposited: | 19 Jun 2020 08:24 |
Last Modified: | 19 Jun 2020 09:16 |
URI: | http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/3645 |
Actions (login required)
View Item |