Program ODOPOS (One Day One Problem One Solution) Dalam Matematika Realistik Berbasis Online

Sulistiyowati, Diah (2020) Program ODOPOS (One Day One Problem One Solution) Dalam Matematika Realistik Berbasis Online. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img] Text
1. PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
HALAMAN PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI Benar.pdf

Download (1MB)
[img] Text
4. HALAMAN JUDUL.pdf

Download (494kB)
[img] Text
5.1 BAB I.pdf

Download (274kB)
[img] Text
5.2 BAB II.pdf

Download (475kB)
[img] Text
5.3 BAB III.pdf

Download (565kB)
[img] Text
5.4 BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (483kB)
[img] Text
5.5 BAB V.pdf

Download (280kB)
[img] Text
6. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (307kB)
[img] Text
7. LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian yang bertujuan untuk mengembangkan program ODOPOS (one day one problem one solution) dalam matematika realistik yang berbasis online. Dengan adanya penerapan matematika realistik ini diharapkan peserta didik memiliki kemampuan untuk memahami matematika dalam kehidupan sehari-hari. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 33 peserta didik kelas V SD Muhammadiyah Manyar tahun pelajaran 2019-2020. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar tes pretest-posttest dan lembar angket respon peserta didik. Hasil-hasil penelitian yang diperoleh adalah: (1) Pengembangan program ODOPOS (one day one problem pne solution) dalam matematika realistik berbasis online yaitu (a) Tahap analisis meliputi analisis karakteristik peserta didik dan analisis materi (b) Tahap perancangan terdapat diagram use case meliputi: home, profile, log in, rangkuman dan contoh soal, latihan soal, nilai dan class progress (c) Tahap pengembangan yaitu mengembangkan rancangan program ODOPOS sesuai dengan diagram use case (d) Tahap Implementasi yaitu hasil pengembangan program ODOPOS diterapkan dalam pembelajaran selama satu minggu. (e) Tahap Evaluasi, meliputi memberikan tes pretest-posttest dan lembar angket respon peserta didik. (2) Ada peningkatan hasil belajar sebesar 84,84% peserta didik memperoleh nilai gain ≥ 0,7 dengan kategori tinggi dari penggunaan program ODOPOS. (3) Respon peserta didik terhadap program ODOPOS berdasarkan kriteria isi memperoleh hasil sebesar 93,49 % atau sangat layak, kriteria bahasa sebesar 98,98% atau sangat layak dan kriteria penyajian memperoleh hasil sebesar 97,72% atau sangat layak.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Uncontrolled Keywords: matematika realistik, program ODOPOS, pembelajaran online, hasil belajar matematika
Subjects: Education
Mathematic Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Mathematic Education Study Program
Depositing User: Diah Sulistiyowati
Date Deposited: 19 Jun 2020 08:24
Last Modified: 19 Jun 2020 09:16
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/3645

Actions (login required)

View Item View Item