EFEKTIVITAS STRATEGI PEMBELAJARAN PERMAINAN TRADISIONAL ENGKLEK PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV UPT SD NEGERI 19 GRESIK

Wahyuningtyas, Nur (2020) EFEKTIVITAS STRATEGI PEMBELAJARAN PERMAINAN TRADISIONAL ENGKLEK PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV UPT SD NEGERI 19 GRESIK. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img]
Preview
Text
2020_TA_PGSD_15441041_Lembar Pernyataan Orsinalitas Fix.pdf

Download (347kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2020_TA_PGSD_15441041_Halaman Pengesahan.pdf

Download (389kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2020_TA_PGSD_15441041_Lembar Persetujuan Publikasi karya Ilmiah.pdf

Download (543kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2020_TA_PGSD_15441041_Halaman Judul.pdf

Download (545kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2020_TA_PGSD_15441041_Bab 1.pdf

Download (330kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2020_TA_PGSD_15441041_Bab 2.pdf

Download (734kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2020_TA_PGSD_15441041_Bab 3.pdf

Download (463kB) | Preview
[img] Text
2020_TA_PGSD_15441041_Bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (652kB)
[img]
Preview
Text
2020_TA_PGSD_15441041_Bab 5.pdf

Download (412kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2020_TA_PGSD_15441041_Daftar Pustaka.pdf

Download (315kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2020_TA_PGSD_15441041_LAMPIRAN.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian Deskriptif Kuantitatif ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan Strategi Pembelajaran Permainan Tradisional Engklek Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas IV UPT SD Negeri 19 Gresik. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara yang penulis dapatkan bahwa peserta didik tidak dilibatkan pada suatu kegiatan pembelajaran dan guru hanya terfokus pada penyampaian materi sehingga keadaan kelas menjadi pasif. Kurang efektifnya proses pembelajaran diakibatkan pada materi tersebut memerlukan sebuah strategi agar pembelajaran lebih menarik. Dari data sementara yang diperoleh, sebagian peserta didik belum memenuhi nilai KKM. Ketuntasan Kriteria Minimumnya adalah 75. Adapun Subjek penelitian ini di UPT SD Negeri 19 Gresik dengan 44 orang peserta didik yang terdiri dari 22 laki-laki dan 22 perempuan. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode observasi, dan metode tes. Sedangkan instrumen penelitian menggunakan lembar observasi kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran, lembar observasi aktivitas peserta didik dan lembar tes hasil belajar guna mengetahui hasil belajar peserta didik. Hasil dari kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran mencapai kriteria aktif, karena dalam keseluruhan pertemuan memiliki rata-rata 3,48 yang berada diantara skala 2,50- 3,49 yang termasuk dalam kategori aktif. Aktivitas peserta didik termasuk dalam kategori sangat aktif keseluruhan pertemuan memiliki rata-rata 3,51 yang berada diantara skala 3,50-4,00 yang termasuk dalam kategori sangat aktif. Tes Hasil belajar dikatakan efektif, karena ketuntasan belajar secara individu mendapat ≥75% dan dikatakan tuntas karena mencapai 81,8 % dari ketuntasan minimal ≥75 %. Maka dapat disimpulkan bahwa strategi pembelajaran permainan tradisional engklek dapat digunakan sebagai strategi penunjang pembelajaran.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Strategi Permainan Tradisional Engklek
Subjects: Education
Primary and secondary education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Primary Teacher Education Study Program
Depositing User: Nur Wahyuningtyas
Date Deposited: 27 Jul 2020 04:27
Last Modified: 27 Jul 2020 04:27
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/3723

Actions (login required)

View Item View Item