ANALISIS PENGEMBANGAN USAHA PRODUKSI KOPI BUBUK DENGAN MENGGUNAKAN METODE SWOT (STUDI KASUS: UKM FN, Gresik)

Zamzami, Muhammad (2020) ANALISIS PENGEMBANGAN USAHA PRODUKSI KOPI BUBUK DENGAN MENGGUNAKAN METODE SWOT (STUDI KASUS: UKM FN, Gresik). undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img] Text
Lembar Penyataan Keaslian.pdf

Download (2MB)
[img] Text
lembar pengesahan.pdf

Download (202kB)
[img] Text
Lembar Persetujuan Publikasi.pdf

Download (380kB)
[img] Text
2018_TA_IND_12612090_HALAMAN JUDUL.pdf

Download (592kB)
[img] Text
2018_TA_IND_12612090_Bab 1.pdf

Download (792kB)
[img] Text
2018_TA_IND_12612090_Bab 2.pdf

Download (721kB)
[img] Text
2018_TA_IND_12612090_Bab 3.pdf

Download (572kB)
[img] Text
2018_TA_IND_12612090_Bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (693kB)
[img] Text
2018_TA_IND_12612090_Bab 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (563kB)
[img] Text
2018_TA_IND_12612090_Bab 6.pdf

Download (463kB)
[img] Text
2018_TA_IND_12612090_Daftar Pustaka.pdf

Download (359kB)
[img] Text
2018_TA_IND_12612090_Lampiran.pdf

Download (1MB)

Abstract

Minum kopi merupakan kebiasaan orang – orang di dunia, khususnya di Indonesia. UKM FN merupakan salah satu usaha rumahan yang bergerak dalam bidang produksi kopi bubuk. Hasil observasi diketahui bahwa UKM FN susah untuk mengembangkan usahanya dikarenakan beberapa permasalahan, antara lain ketersedian bahan baku biji kopi dengan grade sedang tidak selalu tersedia di pasaran, banyaknya industri sejenis memunculkan pesaing baru, teknologi mesin yang digunakan kurang maksimal dalam proses produksi, terbatasnya modal untuk mengembangkan usaha, dan legalitas usaha. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor – faktor SWOT yang ada, menghitung analisis SWOT untuk mendapatkan strategi pengembangan usaha dan merumuskan alternatif strategi terbaik untuk mengembangkan UKM FN. Dalam mencari alternatif strategi menggunakan analisis SWOT dan General Electric (GE). SWOT digunakan untuk menganalisis faktor internal (Strength Weakness) dan faktor eksternal (Opportunities Threats), sedangkan GE untuk faktor kekuatan bisnis dan daya tarik industri. Penggumpulan data mengunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil perhitungan analisis SWOT dapat diperoleh nilai matrik faktor internal 2,788 dan nilai matrik faktor eksternal 2,669. Total nilai skor SWOT dari masing – masing faktor Strength 2,019, Weakness 0,769, Opportunities 1,955, dan Threats 0,724. Strategi yang di hasilkan adalah strategi SO mendukung kebijakan pertumbuhan yang agresif. Untuk perhitungan matrik GE dapat diperoleh nilai matrik kekuatan bisnis 3,462 dan nilai daya tarik industri 2,968. Dengan demikian UKM FN menempati sel V pada matrik GE. Strategi pengembangan usaha yang didapat darri hasil perhitungan analisis SWOT dan GE adalah dengan memperluas daerah pemasaran, memperluas daerah pemasaran memberikan keuntungan yang banyak bagi perusahaan serta membuat perusahaan semakin berkembang. Kata kunci : SWOT, General Electric, UMKM

Item Type: Thesis (undergraduate)
Subjects: Engineering > Industrial Engineering
Engineering
Divisions: Faculty of Engineering > Industrial Engineering Study Program
Depositing User: Muhammad Zamzami
Date Deposited: 03 Sep 2020 01:22
Last Modified: 03 Sep 2020 01:22
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/3824

Actions (login required)

View Item View Item