PENINGKATAN KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IV MELALUI METODE CREATIVE GROUP DISCUSSION (CGD) PADA MATERI BILANGAN PECAHAN DI SDN 2 SIDOMORO GRESIK

SUSANTI, ERRY MARDIANA (2018) PENINGKATAN KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IV MELALUI METODE CREATIVE GROUP DISCUSSION (CGD) PADA MATERI BILANGAN PECAHAN DI SDN 2 SIDOMORO GRESIK. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (166kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (374kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (576kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (355kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (644kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (103kB)

Abstract

Masalah utama pada penelitian ini adalah perlu dilakukan perbaikan proses pembelajaran pada peserta didik kelas IV dengan menerapkan metode pembelajaran yang disesuaikan dengan tingkat perkembangan anak dan kurikulum dalam pendidikan Sekolah Dasar. Salah satu metode yang akan diterapkan dalam perkembangan anak adalah metode Creative Group Discussion (CGD). Berdasarkan observasi di kelas IV SDN 2 Sidomoro Gresik bahwa dalam proses pembelajaran matematika di kelas IV SDN 2 Sidomoro Gresik masih banyak peserta didik yang mengalami kesulitan dalam menjumlahkan dan mengurangkan bilangan pecahan. Langkah-langkah metode Creative Group Discussion (CGD) yaitu guru menyiapkan kelompok, menyajikan permasalahan, dan mendiskusikan permasalahan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kreativitas dan hasil belajar peserta didik kelas IV melalui metode Creative Group Discussion (CGD) pada materi bilangan pecahan di SDN 2 Sidomoro Gresik. Berdasarkan observasi pra siklus hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran matematika masih rendah, ditandai dengan masih rendahnya prosentase ketuntasan peserta didik perlu ditingkatkan. Permasalahan dalam penelitian ini adalah: Apakah melalui metode Creative Group Discussion (CGD) dapat meningkatkan kreativitas dan hasil belajar peserta didik kelas IV di SDN 2 Sidomoro Gresik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif berjenis penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SDN 2 Sidomoro Gresik tahun ajaran 2014-2015 yang terdiri dari 29 peserta didik. Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah menggunakan observasi dan tes hasil belajar. Instrumen penelitian pada penelitian ini adalah lembar observasi kreativitas dan tes hasil belajar peserta didik Hasil penelitian pembelajaran matematika menggunakan metode Creative Group Discussion (CGD) menunjukkan bahwa proses pembelajaran yang terdiri dari hasil belajar matematika peserta didik kelas IV SDN 2 Sidomoro Gresik yaitu kreativitas peserta didik mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II yang dapat menunjukkan kreativitasnya dalam proses pembelajaran berlangsung. Sedangkan, pada tes hasil belajar mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II yang dapat menguasai materi pelajaran lebih dari 72,41%. Pencapaian hasil belajar menggunakan metode Creative Group Discussion (CGD) di kelas dalam standar kompetensi “Penggunaan Pecahan dalam Pemecahan Masalah” pada peserta didik Kelas IV Semester II di SDN 2 Sidomoro Gresik dapat meningkatkan kreativitas dan hasil belajar peserta didik.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Subjects: Mathematic Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Mathematic Education Study Program
Depositing User: Shandy Rahma Ramadhan, S.IIP
Date Deposited: 22 Oct 2018 13:02
Last Modified: 08 Mar 2019 01:45
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/384

Actions (login required)

View Item View Item