PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN UNTUK MEMBACA AKSARA JAWA PADA PESERTA DIDIK KELAS IV SEKOLAH DASAR

Ikasanti, Hani Aries (2020) PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN UNTUK MEMBACA AKSARA JAWA PADA PESERTA DIDIK KELAS IV SEKOLAH DASAR. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img]
Preview
Text
HALAMAN PERNYATAAN ORISINALITAS.pdf

Download (157kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI KARYA ILMIAH.pdf

Download (349kB) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (470kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (296kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (442kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (446kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (236kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (243kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas pengembangan media video pembelajaran untuk membaca aksara Jawa pada peserta didik kelas IV Sekolah Dasar. Proses pengembangan video pembelajaran menggunakan model 4-D yang dimodifikasi dan disederhanakan yaitu, pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop) dan tanpa melakukan penyebaran (disseminate). Hasil pengembangan berupa media video pembelajaran yang berisi materi aksara Jawa. Sumber data dalam penelitian pengembangan ini adalah validator. Pengumpulan data yang digunakan adalah validasi media pembelajaran. Dengan analisis data yaitu analisis kevalidan media pembelajaran. Berdasarkan data dari hasil validasi diperoleh bahwa pengembangan media video pembelajaran untuk membaca aksara Jawa memenuhi kriteria layak, yang sebagai berikut: a) Hasil validasi media pembelajaran yang dilakukan oleh validator ahli materi memperoleh presentase 80% yang dikategorikan layak dan dapat digunakan saat proses pembelajaran, dan b) Hasil validasi media pembelajaran yang dilakukan oleh validator ahli media memperoleh presentase 73,33% yang dikategorikan layak dan dapat digunakan saat proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Media Video Pembelajaran, Model 4-D, Aksara Jawa
Subjects: Education
Primary and secondary education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Primary Teacher Education Study Program
Depositing User: Hani Aries Ikasanti
Date Deposited: 22 Oct 2020 09:06
Last Modified: 22 Oct 2020 09:06
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/4093

Actions (login required)

View Item View Item