Yunita, Sandriane (2008) ANALISIS POSITIONING PRODUK HAND AND BODY LOTION CITRA DI KABUPATEN GRESIK. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.
|
Text
Halaman Judul.pdf Download (55kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (45kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (105kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (61kB) | Preview |
|
Text
Bab 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (71kB) |
||
|
Text
Bab 5.pdf Download (37kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (38kB) | Preview |
|
|
Text
Lampiran.pdf Download (284kB) | Preview |
Abstract
Keberhasilan suatu produk yang ditawarkan pada pasar sasaran tergantung pada seberapa baik produk tersebut diposisikan dalam pasar (Walker, dkk 1999;193) oleh karena itu positioning berhubungan erat dengan kesesuaian penerimaan suatu penawaran produk dengan pasar yang dituju. Positioning akan lebih penting apabila merek produk-produk yang bersaing tampak sama dibenak konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui posisi hand and body lotion Citra dibanding pesaingnya yaitu Vaseline, Marina, Viva dan Emeron di Kabupaten Gresik. Atribut-atribut yang dibandingkan meliputi : brand image produk, harga, efek samping penggunaan produk, desain kemasan dan khasiat produk. Penelitian ini menggunakan metode Survei dengan menggunakan Kuisioner sebagai instrumen penelitian. Alat analisis yang digunakan adalah dengan Correspondence Analyze, dengan bantuan Minitab Release 14 for Windows. Hasil perhitungan penilaian responden terhadap tingkat kepentingan atribut hand and body lotion menunjukkan bahwa sebagian besar responden menganggap atribut efek samping penggunaan produk (80%), atribut brand image produk (75%), dan atribut khasiat produk (52%) sebagai atribut yang sangat penting dalam pembelian hand and body lotion. Atribut desain kemasan (52%) dan atribut harga (51%) dinilai sebagai atribut cukup penting dalam pembelian hand and body lotion. Dengan melihat Symmetric Plot, dapat diketahui bahwa posisi Citra berdekatan dengan atribut efek samping penggunaan produk, brand image produk, desain kemasan dan khasiat produk, artinya konsumen beranggapan bahwa brand image produk Citra sangat baik dibenak mereka, Citra juga memiliki keamanan dalam pemakaian produknya karena efek sampingnya sangat kecil, kemudian untuk khasiat produk Citra bagi konsumen mempunyai penilaian yang sangat baik dan Citra juga memiliki desain kemasan yang cantik. Produk yang mengelompok dengan Citra adalah Vaseline, artinya dari keempat produk pesaing, Vaseline adalah pesaing terdekat dalam hal atribut efek samping penggunaan produk, brand image produk, desain kemasan dan khasiat produk. Sedangkan untuk Marina, Viva dan Emeron mengelompok dengan atribut harga, artinya Marina Viva dan Emeron adalah pesaing terdekat Citra dalam hal atribut harga.
Item Type: | Thesis (undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Economic And Business Economic And Business > Management |
Divisions: | Faculty of Economic and Business > Management Study Program |
Depositing User: | Users 679 not found. |
Date Deposited: | 24 Nov 2020 05:57 |
Last Modified: | 24 Nov 2020 05:57 |
URI: | http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/4193 |
Actions (login required)
View Item |