Penerapan Pembelajaran Aktif (Active Learning) Dengan Strategi Pengajaran Sinergis (Synergetic Teaching) Pada Materi Simetri Dikelas 5 SD Negeri Lumpur Gresik

Hasanah, Uswatul (2009) Penerapan Pembelajaran Aktif (Active Learning) Dengan Strategi Pengajaran Sinergis (Synergetic Teaching) Pada Materi Simetri Dikelas 5 SD Negeri Lumpur Gresik. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img] Text
Halaman Depan.pdf

Download (109kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (102kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (122kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (150kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (120kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (91kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (91kB)
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (273kB)

Abstract

Pembelajaran matematika di SD kurang bervariasi, karena guru dalam pembelajaran sebagai pihak yang aktif sehingga peserta didik kurang mempunyai kesempatan sebagai pihak yang aktif. Untuk itu diperlukan suatu alternative pembelajaran baru yang dapat meningkatkan keaktifan peserta didik. Salah satu metode pembelajaran yang dapat meningkatkan keaktifan peserta didik ialah pembelajaran aktif dengan strategi pengajaran sinergis. Tujuan dari penelitian ini ialah mendeskripsikan aktivitas guru dalam mengelola pembelajaran aktif, aktivitas peserta didik, hasil belajar peserta didik dan respon peserta didik terhadap pembelajaran aktif dengan strategi pengajaran sinergis. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan subyek penelitian yaitu 12 orang peserta didik SD Negeri Lumpur Gresik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas peserta didik tergolong aktif, kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran dikatakan baik 84,61. Respon peserta didik dengan persentase 95,5% sehingga tergolomg dalam respon positif, dan hasil belajar peserta didik tergolong tuntas dengan persentase ketuntasan klasikal sebesar 90%.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Aktif, Pengajaran Sinergis
Subjects: Mathematic Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Mathematic Education Study Program
Depositing User: Users 679 not found.
Date Deposited: 30 Nov 2020 02:59
Last Modified: 30 Nov 2020 02:59
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/4222

Actions (login required)

View Item View Item