PENERAPAN METODE DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IV SDN NOREH 1 SRESEH SAMPANG

KHARIJAH, SITI (2018) PENERAPAN METODE DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IV SDN NOREH 1 SRESEH SAMPANG. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img]
Preview
Text
3a. Abstrak, Abstract.pdf

Download (8kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. BAB I.pdf

Download (160kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. BAB II.pdf

Download (208kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. BAB III.pdf

Download (134kB) | Preview
[img] Text
13. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (292kB)
[img]
Preview
Text
14. BAB V baru.pdf

Download (151kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurikulum 2013 yang menggunakan pembelajaran tematik dengan menerapkan pembelajaran saintifik. Pendekatan saintifik sangat relevan dengan model pembelajaran discovery learning. Model pembelajaran discovert learning cocok digunakan untuk pelajaran IPA materi sifat-sifat cahaya pada kelas IV, karena peserta didik menjadi aktif, kritis, inovatif dan menemukan sendiri dari masalah yang dipertanyakan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses penerapan dan hasil belajar peserta didik dengan menerapkan model discovery learning untuk pelajaran IPA materi sifat-sifat cahaya pada kelas IV SDN Noreh 1 Sreseh Sampang. Data penelitian ini berupa data proses belajar dan hasil belajar penerapan model discovery learning. Sumber data dalam penelitian ini adalah peserta didik Kelas IV SDN Noreh 1 Sreseh Sampang yang berjumlah 20 peserta didik. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, tes dan angket. Analisis data menggunakan persentase. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan penerapan metode discovery learning pada pelajaran IPA materi sifat-sifat cahaya kelas IV SDN Noreh 1 Sreseh Sampang. Dikategorikan sangat baik dengan KKM 75 dengan jumlah peserta didik 20. Terlihat dari hasil tes peserta didik dari setiap mata pelajaran IPA mendapatkan persentase 93,5.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Subjects: Early Childhood Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Primary Teacher Education Study Program
Depositing User: Shandy Rahma Ramadhan, S.IIP
Date Deposited: 25 Oct 2018 09:52
Last Modified: 08 Mar 2019 01:16
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/424

Actions (login required)

View Item View Item