PENERAPAN MEDIA LINGKARAN SATUAN DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI MENGGAMBAR GRAFIK FUNGSI TRIGONOMETRI PADA PESERTA DIDIK KELAS X SMA NEGERI 1 MANYAR

Mufidah, Luluk (2009) PENERAPAN MEDIA LINGKARAN SATUAN DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI MENGGAMBAR GRAFIK FUNGSI TRIGONOMETRI PADA PESERTA DIDIK KELAS X SMA NEGERI 1 MANYAR. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img] Text
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (125kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (14kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (974kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (31kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (75kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (4kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (11kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (296kB)

Abstract

Trigonometri merupakan salah satu standar isi dari pembelajaran matematika. Yang tidak dapat disamakan dengan metode pembelajaran pada standar isi yang lain. Karena fakta dalam trigonometri tidak hanya melibatkan angka dan simbol. Dalam pembelajaran trigonometri pada materi menggambar fungsi grafik trigonometri, selama ini menggunakan metode tabel dan metode lingkaran satuan. Namun masih banyak peserta didik yang mengalami kesulitan dalam menggambar grafik fungsi trigonometri. Oleh karena itu, untuk mempermudah peserta didik dalam menggambar grafik fungsi trigonometri, peneliti bermaksud memberikan solusi pembelajaran trigonometri dengan menggunakan suatu media. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan aktivitas peserta didik dan guru, respon peserta didik, dan mengetahui hasil belajar peserta didik selama dan setelah diterapkannya pembelajaran dengan media lingkaran satuan. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 26 mei ñ 29 mei 2009 di SMA Negeri 1 Manyar Gresik. Subyek penelitian ini dipilih kelas X ñ III yang terdiri dari 32 peserta didik. Data hasil observasi aktivitas guru dan peserta didik dianalisis dengan mendiskripsikan aktivitas guru selama pembelajaran. Untuk mengetahui hasil belajar dilaksanakan test, dan data angket dianalisis dalam bebtuk prosentase tiap respon peserta didik. Aktivitas yang dilakukan guru selama pembelajaran dengan penerapan media lingkaran satuan termasuk kriteria baik. Dan respon peserta didik, sangat setuju bahwa dengan media lingkaran satuan dapat lebih cepat dalam menggambar grafik trigonometri dibanding tanpa menggunakan media. Hasil test yang dilakukan menunjukkan perubahan yang lebih baik tentang pemahaman dan kemampuan menggambar grafik fungsi trigonometri , setelah penerapan media lingkaran satuan yaitu sebesar 83,87%.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Uncontrolled Keywords: media lingkaran satuan, metode lingkaran satuan, grafik fungsi trigonometri
Subjects: Mathematic Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Mathematic Education Study Program
Depositing User: Users 679 not found.
Date Deposited: 30 Nov 2020 07:51
Last Modified: 30 Nov 2020 07:51
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/4280

Actions (login required)

View Item View Item