Analisis Kesalahan Siswa Dalam Mengerjakan Soal Matematika Dalam Bentuk Cerita Siswa Kelas V SDN Banaran I Babat Lamongan Tahun Pelajaran 2008 / 2009.

Rahman, Candra Aprilia (2009) Analisis Kesalahan Siswa Dalam Mengerjakan Soal Matematika Dalam Bentuk Cerita Siswa Kelas V SDN Banaran I Babat Lamongan Tahun Pelajaran 2008 / 2009. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img] Text
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (135kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (66kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (63kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (86kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (87kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (90kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (54kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (52kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (130kB)

Abstract

Menurut pengalaman peneliti pada saat bakti sosial dan pkl. Banyak siswa yang melakukan kesalahan dalam mengerjakan soal cerita. Terutama mereka kurang teliti dan kurang memahami soal tersebut sehingga mereka sering salah dalam mengerjakan. Soal cerita adalah salah satu soal yang membutuhkan ketelitian dan kemampuan penalaran, yang biasanya siswa sering melakukan kekeliruan dalam menyelesaikan soal tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah : 1. Untuk mengetahui jenis kesalahan yang sering dilakukan siswa kelas V SDN Banaran I Babat Lamongan dalam menyelesaikan soal cerita pada bilangan, 2. Untuk mengetahui penyebab terjadinya kesalahan yang dilakukan oleh 8 siswa yang terpilih sebagai responden dalam menyelesaikan soal cerita. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Banaran I Babat – Lamongan. Data yang akan dianalisis di dalam penelitian ini lebih memperhatikan pada kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal cerita,. Data yang dikaji lebih bersifat deskriptif kualitatif, yaitu data yang menginformasikan jenis kesalahan, bentuk kesalahan dan faktor penyebab terjadinya kesalahan yang dilakukan oleh siswa kelas V di SDN Banaran I Babat – Lamongan. Jika siswa melakukan kesalahan pada tahap pertama maka , dimungkinkan akan melakukan kesalahan pada tahap selanjutnya. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah :1. Kesalahan yang sering dilakukan siswa kelas V di SDN Banaran I Babat – Lamongan yaitu kesalahan abstraksi dalam menyelesaikan soal cerita. 2. Faktor- faktor penyebab terjadinya kesalahan siswa di SDN Banaran I Babat- Lamongan berdasarkan wawancara adalah sebagai berikut : Siswa terburu-buru sehingga tidak peduli dengan pekerjaannya., Siswa kurang mengerti kalimat tanya., Siswa tidak terbiasa dengan menulis diketahui dan ditanya pada saat mengerjakan soal cerita, Siswa kurang memahami dengan pemisalan dari soal, Siswa kurang memahami soal dan kurang memahami konsep dari materi, Siswa kurang teliti dan siswa meremehkan dari kesimpulan atau penafsiran ke permasalahan awal.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kesalahan Siswa, Soal Matematika, bentuk Cerita.;Student Error, Mathematics Exercise, Story Form
Subjects: Education
Mathematic Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Mathematic Education Study Program
Depositing User: maysatin may aliah
Date Deposited: 01 Dec 2020 03:18
Last Modified: 01 Dec 2020 03:18
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/4283

Actions (login required)

View Item View Item