Imanawati, Zulaikhah (2008) PEMBELAJARAN KONSEP PENGURUTAN BILANGAN DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA KOMIK PADA PESERTA DIDIK SD SEMEN GRESIK KELAS IVB. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.
Text
Halaman Judul.pdf Download (72kB) |
|
Text
Bab 1.pdf Download (148kB) |
|
Text
Bab 2.pdf Download (191kB) |
|
Text
Bab 3.pdf Download (113kB) |
|
Text
Bab 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (179kB) |
|
Text
Bab 5.pdf Download (108kB) |
|
Text
Daftar Pusataka.pdf Download (99kB) |
|
Text
Lampiran.pdf Download (426kB) |
Abstract
Dari beberapa hasil penelitian didapatkan bahwa keterbatasan peserta didik dalam memahami soal matematika terutama soal cerita,merupakan salah satu penyeban hasil belajar peserta didik sekolah dasar rendah. Di samping itu penyajian matematika yang tidak menarik perhatian siswa menyebabkan peserta didik enggan belajar matematika, secara perlahan-lahan akan membenci matematika. Untuk mengatasi permasalahan diatas dapat dilakukan dengan berbagai cara, diantaranya mengajar peserta didik ke alamnya. Peserta didik sekolah dasar masih berada dalam dunia bermain, dunia penuh keceriaan, penuh kegembiraan, dan menyenangkan. Seharusnya pengajaran matematika dibawa ke dunia peserta didik tersebut. Cerita salah satu bentuk permainan pasip yang disukai anak dapat digunakan untuk mengajaran matematika. Salah satu bentuk kegiatan yang dapat dilakukan adalah dengan menyajikan soal cerita matematika dalam bentuk cerita gambar (komik). Permasalahan penelitian ini adalah: (1). Bagaimanakah proses pembelajaran konsep pengurutan bilangan dengan mengunakan media komik pada peserta didik kelas IVB SD Semen Gresik? (2). Apakah dengan pembelajaran konsep pengurutan bilangan dengan mengunakan media komik pada peserta didik kelas IVB SD Semen Gresik dapat mencapai Standart Ketuntasan Belajar Minimal yang ditetapkan oleh sekolah? (3). Bagaimanakah respon peserta didik terhadap pembelajaran konsep pengurutan bilangan dengan menggunakan media komik? Penelitian ini menghasilkan : (1). Proses pembelajaran konsep pengurutan bilangan dengan menggunakan media komik pada kelas IVB SD Semen Gresik dapat berjalan lancar dan terkondisi baik. (2). Penggunaan media komik pada pengurutan bilangan dikelas IVB SD Semen Gresik dapat mencapai SKBM yang ditentukan. (3). Peserta didik sangat menyukai pembelajaran konsep pengurutan bilangan dengan media komik.
Item Type: | Thesis (undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Education Mathematic Education |
Divisions: | Faculty of Teacher Training and Education > Mathematic Education Study Program |
Depositing User: | Users 747 not found. |
Date Deposited: | 02 Dec 2020 06:06 |
Last Modified: | 02 Dec 2020 06:06 |
URI: | http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/4303 |
Actions (login required)
View Item |