PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TPS (Think-Pair-Share) DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA MATERI POKOK PERSEGI PANJANG DAN PERSEGI DI KELAS VB MI. AL-MA’ARIF SUKOMULYO

HAYATI, NUR (2009) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TPS (Think-Pair-Share) DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA MATERI POKOK PERSEGI PANJANG DAN PERSEGI DI KELAS VB MI. AL-MA’ARIF SUKOMULYO. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img]
Preview
Text
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (45kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 3.pdf

Download (50kB) | Preview
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (80kB)
[img]
Preview
Text
BAB 5.pdf

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (327kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu yang bertujuan untuk mengetahui aktivitas siswa, pengelolaan guru selama pembelajaran dan hasil belajar siswa dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TPS dengan pendekatan kontekstual pada materi pokok persegi dan persegi panjang. Sasaran dalam penelitian ini adalah siswa kelas VB MI.Al-Ma’arif Sukomulyo Manyar Tahun Pelajaran 2008/2009. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini antara lain lembar pengamatan terhadap aktivitas siswa, lembar pengamatan terhadap pengelolaan guru selama pembelajaran tes akhir. Data yang diperoleh antara lain hasil pengamatan terhadap aktivitas siswa, pengelolaan guru selama pembelajaran kooperatif tipe TPS dan hasil tes akhir siswa kemudian dianalisis secara deskriptif. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas siswa yang aktif sebesar 77,68%, sedangkan aktivitas siswa tidak aktif sebesar 22,32% dari aktivitas siswa secara keseluruhan sehingga dapat disimpulkan aktivitas siswa selama penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TPS adalah aktif. Pengelolaan pembelajaran pada umumnya sudah berjalan baik dengan nilai rata-rata 3,25 sedangkan hasil belajar siswa setelah mengikuti pembelajaran kooperatif tipe TPS dengan pendekatan kontekstual mencapai 83,87% siswa telah berhasil dalam belajar, sehingga tingkat keberhasilan siswa secara klasikal tercapai.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kooperatif, TPS, Kontekstual
Subjects: Education
Mathematic Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Mathematic Education Study Program
Depositing User: Users 679 not found.
Date Deposited: 11 Dec 2020 06:47
Last Modified: 11 Dec 2020 06:47
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/4365

Actions (login required)

View Item View Item