HALIMAH, ELLY (2012) PENGEMBANGAN BUKU AJAR DAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBENTUK KOMIK PADA MATERI JARING-JARING KUBUS DAN BALOK DIKELAS IV SDN KEBOMAS. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.
|
Text
Halaman Judul.pdf Download (284kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (130kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (225kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (142kB) | Preview |
|
Text
Bab 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (194kB) |
||
|
Text
Bab 5.pdf Download (91kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (8kB) | Preview |
|
|
Text
Lampiran.pdf Download (390kB) | Preview |
Abstract
Selama ini peserta didik sering menganggap matematika sebagai pelajaran yang sulit. Selain itu, penjelasan materi yang panjang pada buku teks dapat membuat peserta didik bosan dan malas belajar. Untuk mengatasi hal tersebut, guru dapat menciptakan suasana belajar yang menyenangkan sehingga menarik minat peserta didik untuk belajar matematika. Salah satunya adalah dengan komik. Komik merupakan media visual yang dapat menyampaikan informasi dengan menarik sehingga membantu peserta didik memahami materi yang dipelajari. Dalam penelitian ini dikembangkan buku ajar dan LKS dengan media komik pada materi jaring-jaring kubus dan balok. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan (1) proses pengembangan buku ajar dan LKS dengan media komik pada materi jarring-jaring kubus dan balok di kelas IV SD, dan (2) hasil pengembangan buku ajar dan LKS dengan media komik pada materi jarring-jaring kubus dan balok di kelas IV SD. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengacu pada model pengembangan 4-D yang terdiri dari tahap pendefinisian, perancangan, pengembangan, dan penyebaran. Namun penelitian ini hanya sampai pada tahap pengembangan. Uji coba terbatas dilakukan di SDN Kebomas. Hasil pengembangan dikatakan layak dilihat dari tiga criteria yaitu valid, praktis, dan efektif. Buku ajar dan LKS berbentuk komik dinyatakan valid ( dengan rata-rata total kriteria ≥3), praktis ( dengan penilaian para ahli yaitu tanpa revisi), dan efektif (dengan 83,78 % peserta didik mendapat predikat tuntas dan prosentase respon positif sebesar 90,91%)
Item Type: | Thesis (undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | buku ajar dan LKS, komik, jaring-jaring kubus dan balok. |
Subjects: | Education Mathematic Education |
Divisions: | Faculty of Teacher Training and Education > Mathematic Education Study Program |
Depositing User: | Yoga Setya Perdana, A.Md., Lib. |
Date Deposited: | 08 Dec 2020 04:57 |
Last Modified: | 08 Dec 2020 04:57 |
URI: | http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/4462 |
Actions (login required)
View Item |