PENGEMBANGAN BUKU AJAR DAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBENTUK KOMIK PADA MATERI JARING-JARING KUBUS DAN BALOK DIKELAS IV SDN KEBOMAS

HALIMAH, ELLY (2012) PENGEMBANGAN BUKU AJAR DAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBENTUK KOMIK PADA MATERI JARING-JARING KUBUS DAN BALOK DIKELAS IV SDN KEBOMAS. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img]
Preview
Text
Halaman Judul.pdf

Download (284kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (130kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (225kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (142kB) | Preview
[img] Text
Bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (194kB)
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (8kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran.pdf

Download (390kB) | Preview

Abstract

Selama ini peserta didik sering menganggap matematika sebagai pelajaran yang sulit. Selain itu, penjelasan materi yang panjang pada buku teks dapat membuat peserta didik bosan dan malas belajar. Untuk mengatasi hal tersebut, guru dapat menciptakan suasana belajar yang menyenangkan sehingga menarik minat peserta didik untuk belajar matematika. Salah satunya adalah dengan komik. Komik merupakan media visual yang dapat menyampaikan informasi dengan menarik sehingga membantu peserta didik memahami materi yang dipelajari. Dalam penelitian ini dikembangkan buku ajar dan LKS dengan media komik pada materi jaring-jaring kubus dan balok. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan (1) proses pengembangan buku ajar dan LKS dengan media komik pada materi jarring-jaring kubus dan balok di kelas IV SD, dan (2) hasil pengembangan buku ajar dan LKS dengan media komik pada materi jarring-jaring kubus dan balok di kelas IV SD. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengacu pada model pengembangan 4-D yang terdiri dari tahap pendefinisian, perancangan, pengembangan, dan penyebaran. Namun penelitian ini hanya sampai pada tahap pengembangan. Uji coba terbatas dilakukan di SDN Kebomas. Hasil pengembangan dikatakan layak dilihat dari tiga criteria yaitu valid, praktis, dan efektif. Buku ajar dan LKS berbentuk komik dinyatakan valid ( dengan rata-rata total kriteria ≥3), praktis ( dengan penilaian para ahli yaitu tanpa revisi), dan efektif (dengan 83,78 % peserta didik mendapat predikat tuntas dan prosentase respon positif sebesar 90,91%)

Item Type: Thesis (undergraduate)
Uncontrolled Keywords: buku ajar dan LKS, komik, jaring-jaring kubus dan balok.
Subjects: Education
Mathematic Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Mathematic Education Study Program
Depositing User: Yoga Setya Perdana, A.Md., Lib.
Date Deposited: 08 Dec 2020 04:57
Last Modified: 08 Dec 2020 04:57
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/4462

Actions (login required)

View Item View Item