ANALISIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA PESERTA DIDIK PADA MATERI ALJABAR KELAS VII SMP ISLAM MANBAUL ULUM KEBOMAS GRESIK

Meliana, Eva (2020) ANALISIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA PESERTA DIDIK PADA MATERI ALJABAR KELAS VII SMP ISLAM MANBAUL ULUM KEBOMAS GRESIK. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img] Text
Pernyataan Orisinalitas Eva.pdf

Download (291kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (67kB)
[img] Text
LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf

Download (584kB)
[img] Text
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (4MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (4MB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (4MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (2MB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemahaman konsep matematika peserta didik melalui tes tertulis pada materi Aljabar peserta didik kelas VII SMP Islam Manbaul Ulum Kebomas Gresik Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Subjek penelitian ini adalah seluruh pesera didik kelas VII-DSMP Islam Manbaul Ulum Kebomas Gresik yang berjumlah 32 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu tes kemampuan pemahaman konsep matematika dan wawancara. Instrumen yang digunakan yaitu soal tes kemampuan pemahaman konsep matematika tertulis dan pedoman wawancara. Hasilnya adalah kemampuan pemahaman konsep matematika tertulis peserta didik kelas VII-DSMP Islam Manbaul Ulum Kebomas Gresik berada pada kategori sedang. Kemampuan pemahaman konsep berdasarkan tujuh indikator didapatkan indikator satu menyatakan kembali suatu konsep dengan skor rata-rata 50%, indikator dua mengklasifikasikan objek tertentu menurut sifat-sifat tertentu sesuai dengan konsep dengan skor rata-rata 40%, indikator tiga memberi contoh dan noncontoh dari suatu konsep dengan skor rata-rata 46%, indikator empat menyajikan konsep dalam berbagai bentuk representasi matematika dengan skor rata-rata 40%, indikator lima mengembangkan syarat perlu/syarat cukup dari suatu konsep dengan skor rata-rata 32%, indikator enam menggunakan, memanfaatkan serta memilih prosedur atau operasi tertentu dengan skor rata-rata 28%, dan indikator tujuh mengklasifikasikan konsep/algoritma ke pemecahan masalah dengan skor rata-rata 22%. Didapatkan indikator yang menonjol adalah pemahaman konsep pada indikator satu. Sedangkan tiga indikator terendah lima, enam dan tujuh. Peneliti juga menganalisis berdasarkan tiga kategori didapatkan sebanyak 3 (9%) peserta didik masuk dalam kategori tinggi. Sebanyak 11 (34%) peserta didik dalam kategori kelompok sedang.Sisanya 18 (56%) peserta didik masuk dalam kelompok rendah.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Uncontrolled Keywords: kemampuan pemahaman konsep matematika
Subjects: Education
Mathematic Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Mathematic Education Study Program
Depositing User: Eva Meliana
Date Deposited: 15 Dec 2020 02:51
Last Modified: 15 Dec 2020 04:13
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/4537

Actions (login required)

View Item View Item