Kolaborasi Permainan Ular Tangga Edukasi (UTE) dengan Media Kartu Baca untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Peserta Didik Kelas ISD Muhammadiyah 1 GKB Gresik

Lufianah, Ika (2018) Kolaborasi Permainan Ular Tangga Edukasi (UTE) dengan Media Kartu Baca untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Peserta Didik Kelas ISD Muhammadiyah 1 GKB Gresik. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (200kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (199kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (386kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (515kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (592kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (203kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca peserta didik di kelas I SD Muhammadiyah 1 GKB Gresik tahun pelajaran 2017/2018 melalui penggunaan media pembelajaran yang berbasis permainan Ular Tangga Edukasi. Permainan UTE merupakan kolaborasi dari dua media pembelajaran yakni permainan ular tangga dan media kartu baca. Desain penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas menggunakan model Kemmis dan Taggart dengan menggunakan dua siklus. Subjek penelitian terdapat sebanyak 31 pesera didik. Teknik penggumpulan data menggunakan observasi untuk mengobservasi aktivitas guru dan tes membaca untuk menilai kemampuan membaca peserta didik dan wawancara untuk mengetahui respon peserta didik dalam menggunakan media UTE. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan peneliti, didapatkan peningkatan kemampuan membaca pada peserta didik. Pada siklus I ketutasan klasikal mencapai 61,29%. Sedangkan pada siklus 2 mencapai ketuntasan klasikal yakni sebesar 80,64% dalam kategori baik. Observasi aktivitas guru didapatkan rata-rata sebesar 60,15% pada siklus I dalam kategori cukup. Pada siklus 2 rata-rata sebesar 76,56%. Penilaian hasil observasi aktivitas guru pada siklus 2 dengan keterlaksanaan pada RPP tersebut dalam kategori baik. Peningkatan kemampuan membaca pada siklus I ke siklus 2 mengalami peningkatan yakni sebesar 19,35%. Sedangkan ketercapaian peserta didik yang tuntas didapatkan 25 peserta didik atau 80,64% peserta didik yang telah tuntas KKM. Respon penggunaan media Ular Tangga Edukasi yang digunakan peserta didik dalam kegiatan belajar membaca didapatkan persentase tingkat kepuasan sebesar 76,45% dalam kategori baik. Media UTE sangat mudah digunakan oleh pendidik dalam mengajarkan membaca ke peserta didik. Cara menggunakan media UTE sama seperti bermain ular tangga, pemain atau peserta didik dapat memainkannya secara bergantian. Pemain hanya melemparkan dadu, kemudian bidak berjalan sesuai dengan nomor dadu yang telah dilempar. Ketika bidak berhenti, maka pemain mengambil kartu baca sesuai dengan nomor dimana bidak itu berhenti. Setelah kartu baca selesai dibaca, pemain dapat melempar dadu kembali, dan begitupun seterusnya.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Subjects: Early Childhood Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Primary Teacher Education Study Program
Depositing User: Shandy Rahma Ramadhan, S.IIP
Date Deposited: 27 Oct 2018 00:02
Last Modified: 08 Mar 2019 01:16
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/458

Actions (login required)

View Item View Item