PENERAPAN STRATEGI PERMAINAN TRADISIONAL GATRIK PADA MATERI OPERASI HITUNG PERKALIAN PESERTA DIDIK KELAS II UPT SD NEGERI 263 GRESIK

Amalia, Sifa (2021) PENERAPAN STRATEGI PERMAINAN TRADISIONAL GATRIK PADA MATERI OPERASI HITUNG PERKALIAN PESERTA DIDIK KELAS II UPT SD NEGERI 263 GRESIK. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img]
Preview
Text
Halaman Pernyataan Orisinalitas.pdf

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Halaman Pengesahan.pdf

Download (244kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Halaman Persetujuan Publikasi Karya Ilmiah.pdf

Download (473kB) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (446kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (382kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (787kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (524kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (633kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (175kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (178kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil wawancara dengan guru bahwa kebanyakan peserta didik mengalami kesulitan dalam memahami operasi hitung perkalian, sehingg kemampuan dalam operasi hitung perkalian peserta didik dengan melihat catatan perkalian yang ada dalam sampul buku dan di dinding kelas. Dari masalah tersebut peneliti melakukan penelitian dengan tujuan menerapkan strategi permainan tradsional gatrik pada materi operasi hitung perkalian. Penelitian ini mengunakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif. Untuk mendeskripsikan kemampuan operasi hitung perkalian dengan strategi permainan tradisional gatrik pada peserta didik kelas II UPT SD Negeri 263 Gresik serta aktivitas peserta didik saat proses pembelajaran berlangsung. Subyek penelitian ini adalah peserta didik kelas II UPT SD Negeri 263 Gresik tahun ajaran 2019-2020 yang berjumlah 12 peserta didik. Metode penelitian ini menggunakan metode tes dan metode obeservasi. lembar tes kemampuan operasi hitung perkalian dan lembar observasi aktivitas peserta didik sebagai instrumen penilaian. Hasil analisis data dalam penelitian ini menunjukan bahwa dengan menerapkan strategi permainan tradisional gatrik pada materi operasi hitung perkalian sebagai berikut: a) Hasil kemampuan operasi hitung perkalian peserta didik dengan dilakukan tes diakhir pembelajaran sudah tercapai memperoleh presentase yakni 91,6% termasuk kategori sangat baik. b) Aktivitas peserta didik saat proses pembelajaran dengan menerapakan strategi permainan tradisional gatrik pada materi operasi hitung perkalian yakni 80% termasuk kategori baik.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Permainan tradisional gatrik, kemampuan operasi hitung perkalian.
Subjects: Education
Primary and secondary education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Primary Teacher Education Study Program
Depositing User: Sifa Amalia
Date Deposited: 17 Feb 2021 15:10
Last Modified: 17 Feb 2021 15:10
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/4705

Actions (login required)

View Item View Item