MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS NARASI DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA KOMIK CERITA ANAK PADA PESERTA DIDIK KELAS IV UPT SD NEGERI 23 GRESIK

LESTARI, RIDHA ELLA DWI (2021) MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS NARASI DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA KOMIK CERITA ANAK PADA PESERTA DIDIK KELAS IV UPT SD NEGERI 23 GRESIK. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img] Text
Halaman Pernyataan Orisinalitas.pdf

Download (62kB)
[img] Text
Halaman Pengesahan.pdf

Download (67kB)
[img] Text
Halaman Judul.pdf

Download (467kB)
[img] Text
Pernyataan Persetujuan Publikasi.pdf

Download (111kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (368kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (308kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (306kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (343kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (172kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (288kB)
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Lestari. 2019 Meningkatkan Keterampilan Menulis Narasi Dengan Menggunakan Media Komik Cerita Anak Pada Peserta Didik Kelas IV UPT SD Negeri 23 GRESIK. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Muhammadiyah Gresik. Pembimbing (I) Nur Fauziyah M.Pd, pembimbing (II) Nanang Khoirul Umam M.Pd. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru kelas bahwa peserta didik terlalu pasif dan kurang tertarik untuk mengikuti pelajaran juga dalam penulisan sehingga peserta didik kurang terampil untuk memperhatikan tanda baca yang tepat. Dari masalah tersebut peneliti melakukan penelitian dengan tujuan meningkatkan keterampilan menulis narasi dengan menggunakan media komik cerita anak. Penelitian ini mengunakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Untuk mengetahui peningkatan peserta didik dalam keterampilan menulis narasi dengan menggunakan media komik cerita anak pada peserta didik kelas IV UPT SD Negeri 23 GRESIK. Subyek penelitian ini adalah peserta didik kelas IV UPT SD Negeri 23 GRESIK tahun ajaran 2019-2020 yang berjumlah 28 peserta didik. Metode penelitian ini terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Lembar tes digunakan untuk mengukur sejauh mana media komik berperan dalam meningkatkan keterampilan menulis narasi juga sebagai instrmen penilaian. Hasil analisis data dalam penelitian ini menunjukan bahwa keterampilan menulis narasi dengan menggunakan media komik cerita anak yakni keterampilan menulis narasi peserta didik dengan mengerjakan lembar tes terdapat 5 dari 28 peserta didik yang tidak tuntas dikarenakan nilai belum mencapai KKM, sedangkan ketuntasan secara klasikal sudah mencapai 82% dan termasuk kategori tuntas.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Media komik, keterampilan menulis narasi.
Subjects: Education
Primary and secondary education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Primary Teacher Education Study Program
Depositing User: Ridha Ella Dwi Lestari
Date Deposited: 26 Feb 2021 03:57
Last Modified: 26 Feb 2021 03:57
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/4744

Actions (login required)

View Item View Item