KETERAMPILAN GURU PAI DALAM PENGELOLAAN KELAS ONLINE DI MTS MANBAUL ULUM ASSA'ADAH KRAMAT DUDUDKSAMPEYAN GRESIK

Nisa', Mir'atun (2021) KETERAMPILAN GURU PAI DALAM PENGELOLAAN KELAS ONLINE DI MTS MANBAUL ULUM ASSA'ADAH KRAMAT DUDUDKSAMPEYAN GRESIK. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img]
Preview
Text
PENYATAAN KEASLIAN KARYA TULIS.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI TUGAS AKHIR.pdf

Download (554kB) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (702kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (562kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (548kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (488kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (871kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (446kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (236kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (635kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Mir’atun Nisa’(16512005),Keterampilan Guru PAI dalam Pengelolaan Kelas Online di MTs Manbaul Ulum Assa’asdah Kramat Duduksampeyan Gresik. Skripsi. Gresik:Program Studi Agama Islam Universitas Muhammadiyah Gresik,2020. Latar belakang penelitian ini adalah berawal dari jaman sekarang yang sudah maraknya virus COVID-19 yang mengakibatkan diliburkannya sekolah- sekolah diseluruh Indonesia dan menggantinya dengan kelas online, dari adanya kelas online tersebut peneliti ingin melihat dan melakukan sebuah penelitian tentang keterampilan Guru PAI dalam mengelola kelas online tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan Guru PAI dalam mengelola kelas online di MTs manbaul Ulum Assa’adah Kramat Duduksampeyan Gresik. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif yang dilakukan dengan observasi lapangan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh warga sekolah yang terlibat dengan pengelolaan kelas. Sampel yang digunakan adalah seluruh guru PAI yang ada di sekolah dengan jumlah tiga guru dengan empat mata pelajaran yang berbeda.teknik pengumpulan data ialah dengan melakukan obsevrasi lapangan, wawancara serta dokumentasi dari sekolah.teknik analisis data yang digunakan adalah dengan dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini yaitu terdapat beberapa keterampilan yang sudah dilakukan oleh guru PAI yaitu pertama kerterampilan dalam mengajar, kedua keterampilan melakukan variasi dalam kelas online, ketiga keterampilan dalam berorientasi atas tugas dikelas online, keempat keterampilan guru dalam keterlibatan dalam kelas online. Dari keempat keterampilan tersebut, guru mampu menguasai dan bisa memecahkan masalah apabila terdapat kendala dalam pembelajaran online. Dukungan dan hambatan guru dalam pengelolaan kelas online juga sudah terselesaikan dengan baik, banyak sekali dukungan yang diberikan guru, kepala sekolah dan karyawan untuk menuntaskan hambatan yang terdapat pada pengelolaan kelas online tersebut. Kata Kunci: keterampilan guru PAI, pengelolaan kelas, kelas online

Item Type: Thesis (undergraduate)
Uncontrolled Keywords: keterampilan guru PAI, pengelolaan kelas, kelas online
Subjects: Islamic Education
Education
Divisions: Faculty of Islamic Relegion > Islamic Education Study Program
Depositing User: Mir'atun Nisa'
Date Deposited: 05 Mar 2021 04:07
Last Modified: 05 Mar 2021 04:07
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/4781

Actions (login required)

View Item View Item