Simulator Perubahan Energi Gerak menjadi Listrik untuk Sekolah Dasar

Listiorini, Erlita Dwi (2021) Simulator Perubahan Energi Gerak menjadi Listrik untuk Sekolah Dasar. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img]
Preview
Text
Halaman Pernyataan Orisinalitas.pdf

Download (184kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (237kB) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI (1).pdf

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Halaman Judul.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (263kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (488kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (356kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (555kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (256kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (364kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil wawancara, ditemukan beberapa permasalahan yaitu kurangnya media pembelajaran materi energi yang berdampak pada nilai peserta didik dari jumlah 26 yang ada dikelas terdapat 66% peserta didik yabg belum mampu menguasai materi energi. Peneliti ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran simulator perubahan energi gerak menjadi listrik untuk Sekolah Dasar. Penelitian pengembangan ini menggunakan model 4-D yang meliputi define (pendefinisian), design (perencanaan), develop (pengembangan) dan disseminate (penyebarluasan). Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas IV UPT SD Negeri 63 Gresik yang berjumlah 26 peserta didik. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah validasi media, validasi materi dan tes uji coba. Berdasarkan analisis data hasil validasi dan uji coba diperoleh bahwa pengembangan media pembelajaran simulator perubahan energi gerak menjadi listrik untuk Sekolah Dasar menghasilkan media pembelajaran yang berkualitas, yaitu a). media pembelajaran dikategorikan sangat valid (90,5), b) tes uji coba dikategorikan efektif dengan presentase ketuntasan klasikal 84,61%.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Uncontrolled Keywords: 4-D models, simulator learning media
Subjects: Education
Primary and secondary education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Primary Teacher Education Study Program
Depositing User: Erlita Dwi Listiorini
Date Deposited: 11 Jun 2021 06:15
Last Modified: 11 Jun 2021 06:15
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/4987

Actions (login required)

View Item View Item