PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP PEREDARAN TATA SURYA MENGGUNAKAN MEDIA VIDEO ANIMASI DI MI MUHAMMADIYAH 1 PELABUHANREJO

PRADANA, RESKI MAI (2021) PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP PEREDARAN TATA SURYA MENGGUNAKAN MEDIA VIDEO ANIMASI DI MI MUHAMMADIYAH 1 PELABUHANREJO. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img]
Preview
Text
HALAMAN PERYATAAN ORISINALITAS.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (8MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (291kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (537kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 3.pdf

Download (318kB) | Preview
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (433kB)
[img]
Preview
Text
BAB 5.pdf

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampirann All.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang dilakukan secara kolaboratif. Penelitian ini bertujuan sebagai proses pengkajian masalah pembelajaran dalam upaya untuk memecahkan masalah tersebut dengan cara melakukan berbagai tindakan yang terencana dalam situasi nyata serta menganalisis setiap pengaruh dari perlakuan tersebut. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara yang penulis dapatkan tidak memperhatikan atau mendengarkan materi pembelajaran, sikap peserta didik yang asyik berbicara sendiri dengan teman sebangkunya, kurangnya pemahaman peserta didik pada materi tata surya. Dari data sementara yang diperoleh, sebagian peserta didik belum memenuhi nilai KKM. Ketuntasan Kriteria Minimumnya adalah 70. Adapun Subjek penelitian ini di Mi Muhammadiyah 1 Pelabuhanrejo dengan 16 orang peserta didik yang terdiri dari 5 laki-laki dan 11 perempuan. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode observasi, dan metode tes. Sedangkan instrumen penelitian menggunakan lembar observasi kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran, lembar observasi aktivitas peserta didik dan lembar tes hasil belajar guna mengetahui hasil belajar peserta didik . Hasil dari kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran mencapai kriteria sangat baik, karena dalam keseluruhan pertemuan memiliki jumlah skor 98 dengan rata-rata 92% yang berada diantara skala 86 – 100 yang termasuk dalam kategori sangat aktif. Aktivitas peserta didik termasuk dalam kategori sangat baik keseluruhan pertemuan memiliki jumlah skor 98 dengan rata-rata 91% yang berada diantara skala 86 – 100 yang termasuk dalam kategori sangat aktif. Tes Hasil belajar dikatakan tuntas, karena persentase yang diperoleh pada siklus I pertemuan ke 2 yaitu 87,5% yang artinya telah melampaui indikator keberhasilan yaitu 75%. Maka dapat disimpulkan bahwa peserta didik lebih memperhatikan ketika pembelajaran menggunakan video animasi. Kata kunci : Pemahaman konsep, Peredaran tata surya dan media video.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Uncontrolled Keywords: predaran tata surya, media video animasi, pemahaman konsep
Subjects: Education
Primary and secondary education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Primary Teacher Education Study Program
Depositing User: reski mai perdana
Date Deposited: 02 Jul 2021 03:01
Last Modified: 02 Jul 2021 03:01
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/5035

Actions (login required)

View Item View Item