AFITURACHMAN, PUJIYANTO (2018) PENGGUNAAN MEDIA KARTU ANGKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG PADA MATERI OPERASI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN DASAR DIKELAS 1 SDN KEMBANGAN GRESIK. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.
|
Text
8. Abstrak.pdf Download (145kB) | Preview |
|
|
Text
bab I.pdf Download (339kB) | Preview |
|
|
Text
bab II.pdf Download (451kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (455kB) | Preview |
|
Text
bab IV(sudah revisi).pdf Restricted to Registered users only Download (493kB) |
||
|
Text
bab V.pdf Download (327kB) | Preview |
Abstract
Penelitianinibertujuanuntukmendapatkangambaranmengenaipengunan mediakartuangka,meningkatkanpemahamandanpenguasaanpesertadidikdan peningkatanprofesionalismeguru. KegiatanPenelitianinimerupakanPenelitianTindakanKelas(classroom actionresearch).PenggunaanprosedurPenelitianTindakanKelas(PTK)dalam penelitianinibertujuanuntukmeningkatkankemampuanberhitungpadapeserta didikkelas1SDNKembangandenganmenggunakanmediaKartuangkaselama KegiatanBelajarMengajar(KBM)berlangsung.Penelitianinidilaksanakandi SDN KembanganGresiktepatnyadikelas1yangJumlahpesertadidiknya sebanyak28orang,denganrincian,15perempuandan13laki-laki.Instrumen dalam PenelitianTindakanKelas(PTK)iniadalahpenelitiitusendiri.Peneliti dalam PenelitianTindakanKelas(PTK)iniadalahguruyangmerupakanorang atauelemenyangmemilikipengetahuanyanglebihdibandingkanpihak-pihak yanglainkarenadatakondisidariobjekpenelitianyaknipesertadidik.Yanglebih mengetahuiadalahguruyangmelaksanakanpenelitiantindakankelas(PTK). Untukmendukungdanmelengkapiinstrumentutamadalam PenelitianTindakan Kelas(PTK)inidigunakanlahinstrumentpenunjang.Instrumentpenunjangdalam penelitianiniadalahpedomanobservasi,catatanlapangan,dokumentasidanfoto. Hasilpeningkatanrata–ratanilaipadasiklusIdansiklusIIdalam penelitianini,pelaksanannyaselarasdenganlembarpengamatandenganfokus pengamatanmediapembelajarandanprosespembelajaranyangterdapatalur pelaksanaanPenelitianTindakanKelas(PTK)yaituKegiatanPratindakan,Siklus I,dansiklusII.DarihasilevaluasiPraTindakanrata-ratanilainyaadalah 65,60.kemudianhasilevaluasisiklusIrata-ratanilainya78,40danrata-ratahasil evaluasisiklusIIadalah97,82Selanjutnya,peningkatanrata-ratasiklusI dibandingkanPratindakanadalah12,80kemudianpeningkatanrata-ratasiklusII dibandingkansiklusIadalah19,42.hasilevaluasiinimakadapatdisimpulkan bahwadenganpenggunaanmediakartuangkadapatmeningkatkankemampuan berhitungpesertadidikkelasISDNKembanganGresik
Item Type: | Thesis (undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Early Childhood Education |
Divisions: | Faculty of Teacher Training and Education > Primary Teacher Education Study Program |
Depositing User: | Shandy Rahma Ramadhan, S.IIP |
Date Deposited: | 31 Oct 2018 02:50 |
Last Modified: | 08 Mar 2019 01:13 |
URI: | http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/505 |
Actions (login required)
View Item |