PENGGUNAAN MEDIA KARTU ANGKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG PADA MATERI OPERASI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN DASAR DIKELAS 1 SDN KEMBANGAN GRESIK

AFITURACHMAN, PUJIYANTO (2018) PENGGUNAAN MEDIA KARTU ANGKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG PADA MATERI OPERASI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN DASAR DIKELAS 1 SDN KEMBANGAN GRESIK. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img] Text
8. Abstrak.pdf

Download (145kB)
[img] Text
bab I.pdf

Download (339kB)
[img] Text
bab II.pdf

Download (451kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (455kB)
[img] Text
bab IV(sudah revisi).pdf
Restricted to Registered users only

Download (493kB)
[img] Text
bab V.pdf

Download (327kB)

Abstract

Penelitianinibertujuanuntukmendapatkangambaranmengenaipengunan mediakartuangka,meningkatkanpemahamandanpenguasaanpesertadidikdan peningkatanprofesionalismeguru. KegiatanPenelitianinimerupakanPenelitianTindakanKelas(classroom actionresearch).PenggunaanprosedurPenelitianTindakanKelas(PTK)dalam penelitianinibertujuanuntukmeningkatkankemampuanberhitungpadapeserta didikkelas1SDNKembangandenganmenggunakanmediaKartuangkaselama KegiatanBelajarMengajar(KBM)berlangsung.Penelitianinidilaksanakandi SDN KembanganGresiktepatnyadikelas1yangJumlahpesertadidiknya sebanyak28orang,denganrincian,15perempuandan13laki-laki.Instrumen dalam PenelitianTindakanKelas(PTK)iniadalahpenelitiitusendiri.Peneliti dalam PenelitianTindakanKelas(PTK)iniadalahguruyangmerupakanorang atauelemenyangmemilikipengetahuanyanglebihdibandingkanpihak-pihak yanglainkarenadatakondisidariobjekpenelitianyaknipesertadidik.Yanglebih mengetahuiadalahguruyangmelaksanakanpenelitiantindakankelas(PTK). Untukmendukungdanmelengkapiinstrumentutamadalam PenelitianTindakan Kelas(PTK)inidigunakanlahinstrumentpenunjang.Instrumentpenunjangdalam penelitianiniadalahpedomanobservasi,catatanlapangan,dokumentasidanfoto. Hasilpeningkatanrata–ratanilaipadasiklusIdansiklusIIdalam penelitianini,pelaksanannyaselarasdenganlembarpengamatandenganfokus pengamatanmediapembelajarandanprosespembelajaranyangterdapatalur pelaksanaanPenelitianTindakanKelas(PTK)yaituKegiatanPratindakan,Siklus I,dansiklusII.DarihasilevaluasiPraTindakanrata-ratanilainyaadalah 65,60.kemudianhasilevaluasisiklusIrata-ratanilainya78,40danrata-ratahasil evaluasisiklusIIadalah97,82Selanjutnya,peningkatanrata-ratasiklusI dibandingkanPratindakanadalah12,80kemudianpeningkatanrata-ratasiklusII dibandingkansiklusIadalah19,42.hasilevaluasiinimakadapatdisimpulkan bahwadenganpenggunaanmediakartuangkadapatmeningkatkankemampuan berhitungpesertadidikkelasISDNKembanganGresik

Item Type: Thesis (undergraduate)
Subjects: Early Childhood Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Primary Teacher Education Study Program
Depositing User: Shandy Rahma Ramadhan, S.IIP
Date Deposited: 31 Oct 2018 02:50
Last Modified: 08 Mar 2019 01:13
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/505

Actions (login required)

View Item View Item