Fauziyah, Nur (2021) PENGELOLAAN KELAS DALAM PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAQ DI ERA PENDEMI COVID-19 PADA SISWA KELAS V DI MI DARUL ULUM DESA BENEM KECAMATAN DUDUKSAMPEYAN KABUPATEN GRESIK. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.
|
Text
Halaman Pernyataan Orisinalitas.pdf Download (49kB) | Preview |
|
|
Text
Halaman Pengesahan.pdf Download (42kB) | Preview |
|
|
Text
HALAMAN PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf Download (209kB) | Preview |
|
|
Text
Halaman Judul.pdf Download (9MB) | Preview |
|
|
Text
bab 1.pdf Download (8MB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (24MB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (6MB) | Preview |
|
Text
Bab 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (20MB) |
||
|
Text
Bab 5.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
Lampiran.pdf Download (7MB) | Preview |
Abstract
Dalam kegiatan belajar mengajar terdapat dua hal yang turut menentukan berhasil tidaknya suatu proses belajar mengajar, yaitu pengelolaan kelas dan pengajaran itu sendiri. Kedua hal itu saling tergantung. Siswa dapat belajar dengan baik, dalam suasana yang wajar tanpa tekanan dan dalam kondisi yang merangsang untuk belajar. Untuk menciptakan suasana yang menumbuhkan gairah belajar, meningkatkan prestasi belajar siswa, dan lebih memungkinkan guru memberikan bimbingan terhadap siswa dalam belajar, diperlukan pengelolaan kelas yang memadai. Maka dari itulah, peneliti tertarik untuk mengambil judul penelitian tentang, pengelolaan kelas dalam meningkatkan kemampuan belajar siswa di Mi Darul Ulum Desa Benem. Kajian dan pembahasan skripsi ini bertujuan untuk: 1) Mendeskripsikan Bagaimana pembelajaran Aqidah akhlak pada masa Covid-19 di kelas V MI Darul Ulum Desa Benem kecamatan Duduksampeyan Kabupaten Gresik. 2) Mendeskripsikan. 2) Bagaimana pengelolaan pembelajaran Aqidah Akhlaq pada masa Covid-19 di kelas V di MI Darul Ulum Desa Benem kecamatan Duduksampeyan Kabupaten Gresik. Dari itu maka peneliti menggunakan pendekatan literatur dan kajian empiris/penelitian lapangan. Dalam menganalisis data, peneliti menggunakan analisis deskriptif kualitatif, dimana data yang telah dihasilkan baik secara teoritis maupun empiris disajikan dalam bentuk kata-kata atau kalimat secara benar dan jelas sesuai dengan proses yang terjadi di lapangan. Adapun yang menjadi subyek penelitian skripsi ini adalah: kepsek, waka kesiswaan, waka sarana prasarana, wali kelas II dan III. Penelitian metode kualitatif dengan jenis studi kasus ini menggunakan tiga teknik pengumpulan data yaitu: 1) Wawancara, 2) Observasi, 3) Dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Pengelolaan kelas di MI Darul Ulum Desa Benem tergantung dari wali kelas dan siswanya. Kebersihan dan keindahan kelas diatur oleh wali kelas dengan siswa yang menjadi petugasnya dari jadwal piket yang sudah dibentuk. Dilihat dari besar kecilnya ukuran kelas, ruang kelas di MI Darul Ulum Desa Benem Gresik ideal dengan jumlah siswa yang menempatinya. 2) Pengelolaan kelas ditinjau dari segi pengelolaan siswa yang ada di MI Darul Ulum Desa Benem, melalui pembentukan organisasi dan tata tertib kelas.
Item Type: | Thesis (undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pengelolaan kelas, pembelajaran aqidah akhlaq |
Subjects: | Islamic Education Education |
Divisions: | Faculty of Islamic Relegion > Islamic Education Study Program |
Depositing User: | Nur Fauziyah |
Date Deposited: | 30 Jul 2021 02:41 |
Last Modified: | 30 Jul 2021 02:41 |
URI: | http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/5110 |
Actions (login required)
View Item |