"PENGEMBANGAN ALAT EVALUASI BERBASIS THREE TIER MULTIPLE CHOICE MENGGUNAKAN WONDERSHARE QUIZ CREATOR UNTUK MENGIDENTIFIKASI MISKONSEPSI PADA MATERI GEOMETRI"

Damayanti, Nanda Eka (2021) "PENGEMBANGAN ALAT EVALUASI BERBASIS THREE TIER MULTIPLE CHOICE MENGGUNAKAN WONDERSHARE QUIZ CREATOR UNTUK MENGIDENTIFIKASI MISKONSEPSI PADA MATERI GEOMETRI". undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img]
Preview
Text
HALAMAN PERNYATAAN ORISINALITAS.pdf

Download (754kB) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (623kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI KARYA ILMIAH.pdf

Download (659kB) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (440kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (416kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (870kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (253kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (383kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Evaluasi dapat digunakan untuk mengukur pemahaman konsep peserta didik dalam materi geometri. Namun, masih banyak peserta didik yang kesulitan dalam memahami konsep geometri, sehingga dapat mempengaruhi pola pikir peserta didik dalam menyelesaikan permasalahan geometri. Hal ini sering mengakibatkan terjadinya miskonsepsi pada peserta didik. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk mengidentifikasi miskonsepsi adalah dengan melakukan tes evaluasi berbasis three tier multiple choice. Evaluasi dapat dilakukan pembaruan dengan memanfaatkan teknologi pembuat soal secara online seperti aplikasi wondershare quiz creator. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan alat evaluasi berbasis three tier multiple choice menggunakan wondershare quiz creator untuk mengidentifikasi miskonsepsi pada materi geometri yang dapat digunakan secara online. Model penelitian pengembangan ini menggunakan model 4D. Subjek uji coba dalam penelitian adalah peserta didik kelas VII-A di SMPN 5 Lamongan. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar wawancara, lembar validasi, instumen tes, dan angket. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil dari penelitian ini adalah alat evaluasi berbasis three tier multiple choice menggunakan wondershare quiz creator untuk mengidentifikasi miskonsepsi pada materi geometri yang dilihat dari: (1) kelayakan alat evaluasi meliputi: a. Dengan kriteria yang diberikan, pengembangan alat evaluasi telah berhasil dilakukan dengan kriteria valid dan efektif yang mencapai lebih dari 60%. b. Dengan uji statistik yang dilakukan, pada instrumen telah memenuhi kriteria yang telah diberikan sehingga alat evaluasi dapat digunakan. (2) Jenis miskonsepsi terdiri dari miskonsepsi klasifikasional, miskonsepsi korelasional, dan miskonsepsi teoritikal. Dari ketiga jenis miskonsepsi, peserta didik paling banyak mengalami miskonsepsi pada level 2 yaitu menjawab pilihan alasan yang tidak tepat.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Penelitian Pengembangan (R&D), alat evaluasi, three tier multiple choice, wondershare quiz creator, miskonsepsi, geometri
Subjects: Mathematic Education > Geometry
Geometry
Geometry

Education
Mathematic Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Mathematic Education Study Program
Depositing User: Nanda Eka Damayanti
Date Deposited: 06 Aug 2021 08:21
Last Modified: 06 Aug 2021 08:21
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/5135

Actions (login required)

View Item View Item