Damayanti, Nanda Eka (2021) "PENGEMBANGAN ALAT EVALUASI BERBASIS THREE TIER MULTIPLE CHOICE MENGGUNAKAN WONDERSHARE QUIZ CREATOR UNTUK MENGIDENTIFIKASI MISKONSEPSI PADA MATERI GEOMETRI". undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.
|
Text
HALAMAN PERNYATAAN ORISINALITAS.pdf Download (754kB) | Preview |
|
|
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (623kB) | Preview |
|
|
Text
LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI KARYA ILMIAH.pdf Download (659kB) | Preview |
|
|
Text
HALAMAN JUDUL.pdf Download (440kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (416kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (870kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (253kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (383kB) | Preview |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (6MB) | Preview |
Abstract
Evaluasi dapat digunakan untuk mengukur pemahaman konsep peserta didik dalam materi geometri. Namun, masih banyak peserta didik yang kesulitan dalam memahami konsep geometri, sehingga dapat mempengaruhi pola pikir peserta didik dalam menyelesaikan permasalahan geometri. Hal ini sering mengakibatkan terjadinya miskonsepsi pada peserta didik. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk mengidentifikasi miskonsepsi adalah dengan melakukan tes evaluasi berbasis three tier multiple choice. Evaluasi dapat dilakukan pembaruan dengan memanfaatkan teknologi pembuat soal secara online seperti aplikasi wondershare quiz creator. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan alat evaluasi berbasis three tier multiple choice menggunakan wondershare quiz creator untuk mengidentifikasi miskonsepsi pada materi geometri yang dapat digunakan secara online. Model penelitian pengembangan ini menggunakan model 4D. Subjek uji coba dalam penelitian adalah peserta didik kelas VII-A di SMPN 5 Lamongan. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar wawancara, lembar validasi, instumen tes, dan angket. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil dari penelitian ini adalah alat evaluasi berbasis three tier multiple choice menggunakan wondershare quiz creator untuk mengidentifikasi miskonsepsi pada materi geometri yang dilihat dari: (1) kelayakan alat evaluasi meliputi: a. Dengan kriteria yang diberikan, pengembangan alat evaluasi telah berhasil dilakukan dengan kriteria valid dan efektif yang mencapai lebih dari 60%. b. Dengan uji statistik yang dilakukan, pada instrumen telah memenuhi kriteria yang telah diberikan sehingga alat evaluasi dapat digunakan. (2) Jenis miskonsepsi terdiri dari miskonsepsi klasifikasional, miskonsepsi korelasional, dan miskonsepsi teoritikal. Dari ketiga jenis miskonsepsi, peserta didik paling banyak mengalami miskonsepsi pada level 2 yaitu menjawab pilihan alasan yang tidak tepat.
Item Type: | Thesis (undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Penelitian Pengembangan (R&D), alat evaluasi, three tier multiple choice, wondershare quiz creator, miskonsepsi, geometri |
Subjects: | Mathematic Education > Geometry Geometry Geometry Education Mathematic Education |
Divisions: | Faculty of Teacher Training and Education > Mathematic Education Study Program |
Depositing User: | Nanda Eka Damayanti |
Date Deposited: | 06 Aug 2021 08:21 |
Last Modified: | 06 Aug 2021 08:21 |
URI: | http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/5135 |
Actions (login required)
View Item |