PENGEMBANGAN M-CLIP BERBASIS LECTORA UNTUK MATERI PERGERAKAN BENDA LANGIT

Faridatunnisah, Nunuk Nuri (2020) PENGEMBANGAN M-CLIP BERBASIS LECTORA UNTUK MATERI PERGERAKAN BENDA LANGIT. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img] Text
1. HALAMAN PERNYATAAN ORISINILITAS.pdf

Download (81kB)
[img] Text
2. HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (103kB)
[img] Text
3. LEMBAR PERSETUJUAN.pdf

Download (174kB)
[img] Text
4. HALAMAN JUDUL.pdf

Download (169kB)
[img] Text
5. BAB I.pdf

Download (118kB)
[img] Text
6. BAB II.pdf

Download (252kB)
[img] Text
7. BAB III.pdf

Download (270kB)
[img] Text
8. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
9. BAB V.pdf

Download (51kB)
[img] Text
10. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (106kB)
[img] Text
11. LAMPIRAN.pdf

Download (6MB)

Abstract

Nunuk Nuri Faridatunnisah (NIM 15442015). Pengembangan M-Clip Berbasis Lectora Untuk Materi Pergerakan Benda Langit. (Dibimbing oleh Ismail Marzuki, S.Ag.,M.Pd.dan Nataria Wahyuning Subayani, M.Pd.). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan media pembelajaran M-Clip untuk materi pergerakan benda langit. Subjek penelitiannya adalah peserta didik kelas VI UPT SD Negeri 223 Gresik. Metode penelitian yang digunakan yaitu pengembangan.Peneliti mengembangkan media pembelajaran menggunakan aplikasi Lectora Inspire untuk materi pergerakan benda langit. Penelitian pengembangan media M-Clip menggunakan model pengembangan ADDIE. ADDIE singkatan dari Analysis (analisis), Design (desain), Development (pengembangan), Implementation (implementasi), dan Evaluate (evaluasi). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah validasi media pembelajaran serta angket respon peserta didik. Setelah pembuatan media media M-Clip, media akan divalidasi media pada penelitian ini dinilai oleh dua validator yakni validator ahli materi dan validator ahli media. Hasil validasi oleh validator ahli materi mendapatkan persentase sebesar 94,2% sehingga materi dalam media M-Clip dinyatakan valid. Sedangkan hasil validasi oleh validator ahli media mendapatkan persentase sebesar 82,8% sehingga media M-Clip dinyatakan valid. langkah selanjutnya yakni mengimplementasikan terhadap peserta didik dan memperoleh data dari angket respon peserta didik. Hasil nilai angket respon peserta didik mendapatkan persentase sebesar 92,1% sehingga media M-Clip dapat dinyatakan efektif.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Media M-Clip, Pengembangan, ADDIE
Subjects: Primary and secondary education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Primary Teacher Education Study Program
Depositing User: Nunuk Nuri Faridatunnisah
Date Deposited: 27 Aug 2021 06:04
Last Modified: 27 Aug 2021 06:04
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/5175

Actions (login required)

View Item View Item