Lusiana, Winda (2021) OPTIMALISASI PENERAPAN KURIKULUM BERBASIS KOMPETENSI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA ERA PANDEMI COVID-19 DI KELAS X SMK ISLAMIC QON GRESIK. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.
|
Text
01. HALAMAN PERNYATAAN ORISINALITAS (KEASLIAN).pdf Download (146kB) | Preview |
|
|
Text
02. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (138kB) | Preview |
|
|
Text
03. LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI KARYA ILMIAH.pdf Download (223kB) | Preview |
|
|
Text
04. HALAMAN JUDUL.pdf Download (248kB) | Preview |
|
|
Text
05. BAB I.pdf Download (248kB) | Preview |
|
|
Text
06. BAB II.pdf Download (319kB) | Preview |
|
|
Text
07. BAB III.pdf Download (201kB) | Preview |
|
Text
08. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (253kB) |
||
|
Text
09. BAB V.pdf Download (149kB) | Preview |
|
|
Text
10. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (164kB) | Preview |
|
|
Text
11. LAMPIRAN.pdf Download (572kB) | Preview |
Abstract
Mata pelajaran PAI (Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti) adalah salah satu bidang pokok dalam implementasi Kurikulum 2013. Dalam tingkat sekolah dasar PAI mempunyai pembelajaran istimewa karena disaat mata pelajaran lain melebur menjadi pembelajaran tematik, namun PAI masih tetap eksis menjadi mapel tersendiri, bahkan mengalami peningkatan waktu pembelajaran menjadi 3 jam pembelajaran dalam satu minggu. Keistimewaan lain bagi mapel PAI adalah penyematan label Pendidikan Budi Pekerti sejalan dengan tujuan Kurikulum 2013 yang berbasis karakter dan kompetensi. Permasalahan yang akan diangkat pada penelitian ini adalah (a) penerapan Kurikulum Berbasis Kompetensi Pendidikan Agama Islam Di Smk Islamic Qon Gresik, (b) Upaya Optimalisasi Penerapan Kurikulum Berbasis Kompetensi Pendidikan Agama Islam Pada Era Pandemi Covid-19 Di Smk Islamic Qon Gresik. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan menggunakan pendekatan deduktif-induktif. Penelitian ini adalah penelitian populasi yakni semua Guru Agama islam dan kepala madrasah, metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket, interview dan dokumenter, sedangkan untuk menganalisa data digunakan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan dalam penerapan Kurikulum Berbasis Kompetensi PAI selalu mempersiapkan terlebih dahulu yang akan diberikan pada siswa, baik itu kerkaitan dengan silabus, perangkat pembelajaran, media, penguasaan materi, buku catatan (pribadi) bahkan performent seorang Guru juga penting, selain Guru selalu memakai bermacam metode pembelajaran yang diselingi dengan hal-hal yang menyenangkan agar tidak jenuh, segala upaya untuk memaksimalkan penerapan kurikulum berbasis kompetensi PAI dilakukan Guru Agama sehingga siswa lebih mandiri dan tidak tergantung pada Guru, dan siswa semakin kreatif mencari problem solving atau bahan-bahan materi yang ada diluar sekolah. Usaha yang dilakukan untuk optimalisasi kurikulum berbasis kompetensi PAI yakni (a) Penyediaan sarana dan prasarana. (b) Menciptakan pengawasan dan kedisiplinan (c) MGMP. (d) Training untuk peningkatan kualitas Guru
Item Type: | Thesis (undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | optimalisasi, kurikulum berbasis kompetensi, pendidikan agama Islam |
Subjects: | Islamic Education Education |
Divisions: | Faculty of Islamic Relegion > Islamic Education Study Program |
Depositing User: | Winda Lusiana |
Date Deposited: | 16 Sep 2021 06:34 |
Last Modified: | 16 Sep 2021 06:34 |
URI: | http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/5214 |
Actions (login required)
View Item |