PENGEMBANGAN MEDIA TAHBCS (Thread Arragement of Human Blood Circulatory System) MATERI PEREDARAN DARAH MANUSIA DALAM PEMBELAJARAN SCIENTIFIC DI SEKOLAH DASAR

Safitriana, Handini Wahyu (2020) PENGEMBANGAN MEDIA TAHBCS (Thread Arragement of Human Blood Circulatory System) MATERI PEREDARAN DARAH MANUSIA DALAM PEMBELAJARAN SCIENTIFIC DI SEKOLAH DASAR. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img] Text
2020_TA_PGSD_15441014_Halaman Pernyataan Orisinalitas.pdf

Download (152kB)
[img] Text
2020_TA_PGSD_15441014_Halaman Pengesahan.pdf

Download (160kB)
[img] Text
2020_TA_PGSD_15441014_Lembar Pesetujuan.pdf

Download (284kB)
[img] Text
2020_TA_PGSD_15441014_Halaman Judul.pdf

Download (202kB)
[img] Text
2020_TA_PGSD_15441014_Bab 1.pdf

Download (816kB)
[img] Text
2020_TA_PGSD_15441014_Bab 2.pdf

Download (3MB)
[img] Text
2020_TA_PGSD_15441014_Bab 3.pdf

Download (3MB)
[img] Text
2020_TA_PGSD_15441014_Bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
2020_TA_PGSD_15441014_Bab 5.pdf

Download (455kB)
[img] Text
2020_TA_PGSD_15441014_Daftar Pustaka.pdf

Download (666kB)
[img] Text
2020_TA_PGSD_15441014_Lampiran.pdf

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini betujuan untuk mengembangkan media TAHBCS (Thread Arrangement of Human Blood of Circulatory System) materi sistem peredaran darah manusia dalam pembelajaran saintifik pada kelas V Sekolah Dasar. Pengembangan media TAHBCS ini menggunakan model 4-D yang disederhanakan hanya sampai pada tahap pengembangan. Mengembangkan media ini dimulai dari tahap pendefinisian (Define), perancangan (Design), dan pengembangan (Develop) tanpa melakukan tahap penyebaran (Disseminate). Tahap pendefinisian (Define) diawali dengan analisis ujung depan yang didapatkan berupa kurikulum yang digunakan di UPT SD Negeri 27 Gresik yaitu kurikulum 2013. Pada tahap ini peneliti juga menganalisis peserta didik dan didapatkan masalah yang paling mendasar bagi pendidik yaitu kesulitan dalam mengajarkan materi peredaran darah manusia, serta peserta didik yang tidak tertarik selama proses pembelajaran. Tahap analisis selanjutnya yaitu analisis tugas yang harus dikuasai peserta didik dan dilanjutkan analisis konsep dan tujuan pembelajaran yang akan dikembangkan. Tahap perancangan (Design) dilakukan dengan memilih bahan yang sesuai dengan analisis sebelumnya. Dalam tahap ini peneliti memilih bahan yang sesuai dengan kebutuhan guru dan peserta didik. Seperti halnya memberikan pengalaman secara lebih nyata dengan menyebutkan bagian-bagian organ peredaran darah manusia pada media nyata berbentuk 3D. Kegiatan pembelajaran yang lebih menarik dengan menyusun alur sistem peredaran darah manusia pada media yang berbentuk 3D. Peserta didik akan mendapatkan pengalaman belajar secara visual dengan lebih jelas sehingga lebih mudah memahami konsep materi sistem peredaran darah manusia. Peneliti melakukan dsain awal media dengan menggunkan bahan yang tahan lama dan aman bagi peserta didik. Tahap selanjutnya yaitu tahap Pengembangan (Develop). Hasil pengembangan media ini berupa media TAHBCS yaitu media berbentuk 3D yang dimana peserta didik dapat aktif menyusun alur sistem peredaran darah manusia yang terbuat dari kayu yang berbentuk tubuh manusia lengkap beserta replika jantung dan paru-paru. Berdasarkan hasil analisis deskirptif dan uji coba didapatkan hasil validasi dilakukan oleh para ahli dengan mendapatkan hasil persentase sebesar 84,17% yang masuk kedalam kategori valid dalam penyampaian konsep yang jelas dan sesuai, tampilan yang sesuai sekaligus menarik bagi peserta didik, ketahanan media dan keamanan media bagi peserta didik. Respon peserta didik untuk media ini yaitu dari 33 peserta didik kelas V UPT SD Negeri 27 Gresik adalah sebesar 91,51% yang masuk dalam ketegori respon positif sehingga media dapat dikategorikan dalam media yang praktis. Hasil ketuntasan hasil belajar klasikal peserta didik mendapatkan presentase sebesar 87,87%. Sebanyak 87,87% dari 33 peserta didik berhasil tuntas dalam pembelajaran peredaran darah manusia. Media dikategorikan dalam media yang efektif mengatasi kesulitan belajar peserta didik.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Media, Model 4-D
Subjects: Education
Primary and secondary education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Primary Teacher Education Study Program
Depositing User: Handini Wahyu Safitriana
Date Deposited: 25 Oct 2021 03:47
Last Modified: 25 Oct 2021 03:47
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/5326

Actions (login required)

View Item View Item