PENERAPAN MODEL MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK MATERI PROKLAMASI KEMERDEKAAN INDONESIA KELAS V MI ROUDLOTUL MUTA’ALLIM

Rochma, Maulida Hardiyanti (2020) PENERAPAN MODEL MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK MATERI PROKLAMASI KEMERDEKAAN INDONESIA KELAS V MI ROUDLOTUL MUTA’ALLIM. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img]
Preview
Text
1 PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (344kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2 lembar pengesahan.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
3 HALAMAN PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI TUGAS MAULIDA.pdf

Download (408kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4 HALAMAN JUDUL MAULIDA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
16-21 BAB I.pdf

Download (436kB) | Preview
[img]
Preview
Text
22-42 BAB II.pdf

Download (633kB) | Preview
[img]
Preview
Text
43-51 BAB III.pdf

Download (665kB) | Preview
[img] Text
52-66 BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (669kB)
[img]
Preview
Text
67 BAB V.pdf

Download (418kB) | Preview
[img]
Preview
Text
68-70 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (406kB) | Preview
[img]
Preview
Text
71-101 LAMPIRAN.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik pada materi proklamasi kemerdekaan Indonesia kelas V MI Roudlotul Muta’allim dengan menerapkan model make a macth. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam 1 siklus 2 pertemuan. Desain penelitian ini menggunakan model Kemmis dan MC Taggart, dimana model tersebut memiliki tiga tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan dan observasi, refleksi. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas V sebanyak 8 peserta didik. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah angket dan dokumentasi. Instrumen penelitian menggunakan lembar angket motivasi belajar peserta didik. Hasil penelitian dan pembahasan menunjukkan bahwa motivasi belajar peserta didik telah meningkat pada siklus I. Berdasarkan hasil angket motivasi belajar peserta didik meningkat dari data awal 62 % meningkat menjadi 87 % pada siklus pertama. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran make a match dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik pada materi proklamasi kemerdekaan Indonesia kelas V MI Roudlotul Muta’alim.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Uncontrolled Keywords: learning motivation
Subjects: Education
Primary and secondary education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Primary Teacher Education Study Program
Depositing User: Maulida Hardiyanti Rochma
Date Deposited: 12 Oct 2022 09:33
Last Modified: 12 Oct 2022 09:33
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/6634

Actions (login required)

View Item View Item