Rochma, Maulida Hardiyanti (2020) PENERAPAN MODEL MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK MATERI PROKLAMASI KEMERDEKAAN INDONESIA KELAS V MI ROUDLOTUL MUTA’ALLIM. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.
|
Text
1 PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf Download (344kB) | Preview |
|
|
Text
2 lembar pengesahan.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
3 HALAMAN PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI TUGAS MAULIDA.pdf Download (408kB) | Preview |
|
|
Text
4 HALAMAN JUDUL MAULIDA.pdf Download (3MB) | Preview |
|
|
Text
16-21 BAB I.pdf Download (436kB) | Preview |
|
|
Text
22-42 BAB II.pdf Download (633kB) | Preview |
|
|
Text
43-51 BAB III.pdf Download (665kB) | Preview |
|
Text
52-66 BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (669kB) |
||
|
Text
67 BAB V.pdf Download (418kB) | Preview |
|
|
Text
68-70 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (406kB) | Preview |
|
|
Text
71-101 LAMPIRAN.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik pada materi proklamasi kemerdekaan Indonesia kelas V MI Roudlotul Muta’allim dengan menerapkan model make a macth. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam 1 siklus 2 pertemuan. Desain penelitian ini menggunakan model Kemmis dan MC Taggart, dimana model tersebut memiliki tiga tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan dan observasi, refleksi. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas V sebanyak 8 peserta didik. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah angket dan dokumentasi. Instrumen penelitian menggunakan lembar angket motivasi belajar peserta didik. Hasil penelitian dan pembahasan menunjukkan bahwa motivasi belajar peserta didik telah meningkat pada siklus I. Berdasarkan hasil angket motivasi belajar peserta didik meningkat dari data awal 62 % meningkat menjadi 87 % pada siklus pertama. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran make a match dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik pada materi proklamasi kemerdekaan Indonesia kelas V MI Roudlotul Muta’alim.
Item Type: | Thesis (undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | learning motivation |
Subjects: | Education Primary and secondary education |
Divisions: | Faculty of Teacher Training and Education > Primary Teacher Education Study Program |
Depositing User: | Maulida Hardiyanti Rochma |
Date Deposited: | 12 Oct 2022 09:33 |
Last Modified: | 12 Oct 2022 09:33 |
URI: | http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/6634 |
Actions (login required)
View Item |