Khumairoh, Nila (2019) Meningkatkan Keterampilan Bercerita Menggunakan Media Gambar Seri Bagi Peserta Didik kelas I SD Muhammadiyah 2 Gresik. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.
|
Text
1. HALAMAN PERNYATAAN ORISINALITAS.pdf Download (84kB) | Preview |
|
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (94kB) | Preview |
|
|
Text
3. LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI KARYA ILMIAH.pdf Download (126kB) | Preview |
|
|
Text
HALAMAN JUDUL.pdf Download (225kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 1.pdf Download (268kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 2.pdf Download (183kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 3.pdf Download (155kB) | Preview |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (176kB) |
||
|
Text
BAB 5.pdf Download (26kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (99kB) | Preview |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Melihat hasil pembelajarna Bahasa Indonesia pada aspek keterampilan bercerita kelas 1 dengan jumlah peserta sebanyak 24 peserta didik dengan jumlah 11 laki-laki dan 13 perempuan, sebanyak 16 dari 24 peserta didik yang tuntas, sedangkan sebanyak 8 dari 24 peserta didik yang tidak tuntas. Oleh karena itu, peneliti mencoba untuk memecahkan permasalahan rendahnya keterampilan bercerita peserta didik dengan menggunakan media gambar seri untuk membantu guru dalam meningkatkan pembelajaran keterampilan bercerita. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilaksanakan sebanyak 1 siklus 2 kali pertemuan. Adapun tahapan dalam penelitian ini terdiri dari: 1) Tahap Perencanaan, 2) Tahap Pelaksanaan, 3) Tahap Observasi, 4 ) Tahap Refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan tes evaluasi keterampilan bercerita . penelitian ini dilaksanakan di SD Muhammadiyah 2 Gresik. Subjek dari penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas I yang berjumlah 24 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan tes. Hasil analisis data pada pratindakan peserta didik memperoleh hasil nilai ≤75%. Setelah dilakukan tindakan kelas menggunakan media gambar seri dalam siklus I mengalami peningkatan sebesar 83%, sehingga dapat disimpulkan bahwa media gambar seri dapat meningkatkan keterampilan bercerita peserta didik.
Item Type: | Thesis (undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keterampilan bercerita, media gambar seri |
Subjects: | Education Primary and secondary education |
Divisions: | Faculty of Teacher Training and Education > Primary Teacher Education Study Program |
Depositing User: | Nila Khumairoh |
Date Deposited: | 12 Dec 2022 03:13 |
Last Modified: | 12 Dec 2022 03:13 |
URI: | http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/6888 |
Actions (login required)
View Item |