Meningkatkan Keterampilan Bercerita Menggunakan Media Gambar Seri Bagi Peserta Didik kelas I SD Muhammadiyah 2 Gresik

Khumairoh, Nila (2019) Meningkatkan Keterampilan Bercerita Menggunakan Media Gambar Seri Bagi Peserta Didik kelas I SD Muhammadiyah 2 Gresik. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img] Text
1. HALAMAN PERNYATAAN ORISINALITAS.pdf

Download (84kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (94kB)
[img] Text
3. LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI KARYA ILMIAH.pdf

Download (126kB)
[img] Text
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (225kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (268kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (183kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (155kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (176kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (26kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (99kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Melihat hasil pembelajarna Bahasa Indonesia pada aspek keterampilan bercerita kelas 1 dengan jumlah peserta sebanyak 24 peserta didik dengan jumlah 11 laki-laki dan 13 perempuan, sebanyak 16 dari 24 peserta didik yang tuntas, sedangkan sebanyak 8 dari 24 peserta didik yang tidak tuntas. Oleh karena itu, peneliti mencoba untuk memecahkan permasalahan rendahnya keterampilan bercerita peserta didik dengan menggunakan media gambar seri untuk membantu guru dalam meningkatkan pembelajaran keterampilan bercerita. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilaksanakan sebanyak 1 siklus 2 kali pertemuan. Adapun tahapan dalam penelitian ini terdiri dari: 1) Tahap Perencanaan, 2) Tahap Pelaksanaan, 3) Tahap Observasi, 4 ) Tahap Refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan tes evaluasi keterampilan bercerita . penelitian ini dilaksanakan di SD Muhammadiyah 2 Gresik. Subjek dari penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas I yang berjumlah 24 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan tes. Hasil analisis data pada pratindakan peserta didik memperoleh hasil nilai ≤75%. Setelah dilakukan tindakan kelas menggunakan media gambar seri dalam siklus I mengalami peningkatan sebesar 83%, sehingga dapat disimpulkan bahwa media gambar seri dapat meningkatkan keterampilan bercerita peserta didik.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan bercerita, media gambar seri
Subjects: Education
Primary and secondary education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Primary Teacher Education Study Program
Depositing User: Nila Khumairoh
Date Deposited: 12 Dec 2022 03:13
Last Modified: 12 Dec 2022 03:13
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/6888

Actions (login required)

View Item View Item