Muzayanah, Finaul (2020) PENGARUH GAYA BERPIKIR PESERTA DIDIK TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA KELAS VIII MTS MUHAMMADIYAH 15 LAMONGAN. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.
|
Text
2020_TA_PMTK_16421020_HALAMAN PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.pdf Download (165kB) | Preview |
|
|
Text
2020_TA_PMTK_16421020_HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (136kB) | Preview |
|
|
Text
2020_TA_PMTK_16421020_LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf Download (248kB) | Preview |
|
|
Text
2020_TA_PMTK_16421020_HALAMAN JUDUL 2.pdf Download (470kB) | Preview |
|
|
Text
2020_TA_PMTK_16421020_BAB I.pdf Download (410kB) | Preview |
|
|
Text
2020_TA_PMTK_16421020_BAB II.pdf Download (361kB) | Preview |
|
|
Text
2020_TA_PMTK_16421020_BAB III.pdf Download (416kB) | Preview |
|
Text
2020_TA_PMTK_16421020_BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (947kB) |
||
|
Text
2020_TA_PMTK_16421020_BAB V.pdf Download (171kB) | Preview |
|
|
Text
2020_TA_PMTK_16421020_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (458kB) | Preview |
|
|
Text
2020_TA_PMTK_16421020_LAMPIRAN.pdf Download (653kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini adalah penelitian korelasi yang tergolong dalam jenis penelitian kuantitatif. Penelitian dilakukan untuk mengetahui secara empiris apakah terdapat pengaruh dari gaya berpikir peserta didik terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika di kelas VIII MTs. Muhammadiyah 15 Lamongan pada tahun ajaran 2019/2020. Peserta didik memiliki kecenderungan gaya berpikir yang berbeda antara satu peserta didik dengan peserta didik lainnya dalam menerima dan mengolah atau menyusun kembali informasi yang telah diperoleh. Ada empat jenis gaya berpikir yakni sekuensial konkret, sekuensial abstrak, acak abstrak dan acak konkret. Populasi penelitian adalah seluruh kelas VIII MTs. Muhammadiyah 15 Lamongan tahun 2019/2020, sedangkan sampel penelitian sebanyak 56 peserta didik (dua kelas) yang dipilih dengan teknik random sampling sederhana. Instrumen penelitian yang dipergunakan adalah angket gaya berpikir peserta didik dan tes kemampuan pemecahan masalah matematika. Hasil penelitian yang diperoleh adalah (1) Peserta didik kelas VIII MTs. Muhammadiyah 15 Lamongan memiliki gaya berpikir yang beragam. Gaya berpikir peserta didik terbagi menjadi empat jenis gaya berpikir yakni sekuensial konkret (26,8%), memiliki gaya berpikir sekuensial abstrak (23,2%), gaya berpikir Acak Abstrak (30,4%) dan gaya berpikir Acak Konkret (19,6%). (2) Tidak terdapat pengaruh gaya berpikir peserta didik terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika dilihat dari kecilnya nilai yang didapat yakni 5,4% dari variasi data kemampuan pemecahan masalah matematika (Y) dapat dijelaskan oleh perubahan variabel kombinasi (X). Sisanya yakni 94,6% dijelaskan oleh variabel bebas lainnya yang tidak teramati.
Item Type: | Thesis (undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | gaya berpikir, kemampuan pemecahan masalah matematika |
Subjects: | Education Mathematic Education |
Divisions: | Faculty of Teacher Training and Education > Mathematic Education Study Program |
Depositing User: | Finaul Muzayanah |
Date Deposited: | 09 Mar 2023 03:39 |
Last Modified: | 09 Mar 2023 03:39 |
URI: | http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/7334 |
Actions (login required)
View Item |