MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT)

Rahmawati, Dwi Indah (2020) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT). undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img] Text
A. HALAMAN PERNYATAAN ORISINALITAS (KEASLIAN).pdf

Download (130kB)
[img] Text
B. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (135kB)
[img] Text
HALAMAN PERSETUJUAN PUBLIKASI TUGAS AKHIR.pdf

Download (132kB)
[img] Text
C. HALAMAN JUDUL.pdf

Download (188kB)
[img] Text
D. BAB I.pdf

Download (344kB)
[img] Text
E. BAB II.pdf

Download (200kB)
[img] Text
F. BAB III.pdf

Download (423kB)
[img] Text
G. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (530kB)
[img] Text
H. BAB V.pdf

Download (126kB)
[img] Text
I. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (89kB)
[img] Text
J. LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Meningkatkan Hasil Belajar IPA Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT). Dibimbing oleh Dr. Irwani Zawawi dan Nataria Wahyuning Subayani, M.Pd. Penelitian ini berlatar belakang pengajaran yang konvensional sehingga hasil belajar peserta didik belum mencapai kriteria ketuntasan minimum (KKM). Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament pada mata pelajaran IPA siswa kelas V UPT SD Negeri 41 Gresik. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian sejumlah 26 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu pengamatan dan tes hasil belajar dengan menggunakan instrument penelitian berupa lembar pengamatan aktivitas peserta didik dan lembar tes hasil belajar. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament pada mata pelajaran IPA dikatakan meningkat. Aktivitas peserta didik selama kegiatan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament dikatakan sangat baik atau 83,3%. Hasil belajar peserta didik secara klasikal dari siklus satu sebesar 61,5%, kemudian dilanjut ke dalam siklus II dengan perolehan ketuntasan klasikal sebesar 80,7% sehingga sudah mencapai ketuntasan klasikal. Berdasarkan hasil penelitian ini maka disarankan bagi guru SD untuk menerapkan model kooperatif tipe teams games tournament untuk meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran IPA.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament. Hasil Belajar, Ilmu Pengetahuan Alam.
Subjects: Education
Primary and secondary education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Primary Teacher Education Study Program
Depositing User: Dwi Indah Rahmawati
Date Deposited: 14 Apr 2023 08:00
Last Modified: 14 Apr 2023 08:00
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/7589

Actions (login required)

View Item View Item