NILAI-NILAI MATEMATIKA (MATHEMATICAL VALUES) PADA PEMBELAJARAN PEMECAHAN MASALAH MATERI BANGUN RUANG SISI LENGKUNG DITINJAU DARI KEMAMPUAN MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS IX SMP N 3 GRESIK

KRISMAWATI, ANGGRAINI (2018) NILAI-NILAI MATEMATIKA (MATHEMATICAL VALUES) PADA PEMBELAJARAN PEMECAHAN MASALAH MATERI BANGUN RUANG SISI LENGKUNG DITINJAU DARI KEMAMPUAN MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS IX SMP N 3 GRESIK. undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH GRESIK.

[img]
Preview
Text
07. ABSTRAK.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. BAB 1.pdf

Download (220kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. BAB II.new.pdf

Download (699kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. BAB III new.pdf

Download (217kB) | Preview
[img] Text
14. BAB IV new.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
15. BAB V.pdf

Download (89kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran matematika di sekolah sangat teoritik dan mekanistik, sehingga menyebabkan peserta didik tidak mengetahui untuk apa dan mengapa mereka belajar matematika. Seringkali mereka beranggapan bahwa matematika hanyalah ilmu tentang hitung-menghitung dan hanya berbicara tentang angka. Padahal matematika sebenarnya mengandung nilai-nilai yang dapat memotivasi peserta didik untuk belajar matematika dan menjadikan matematika lebih bermakna bagi kehidupan. Untuk dapat mengungkap adanya nilai-nilai matematika (Mathematical values) yang didapatkan oleh peserta didik, salah satunya dapat menggunakan pendekatan pembelajaran pemecahan masalah. Tujuan penelitian ini yakni untuk mengetahui nilai-nilai matematika (Mathematical values) yang didapatkan oleh peserta didik berkemampuan matematika tinggi, sedang dan rendah pada pembelajaran pemecahan masalah materi bangun ruang sisi lengkung kelas IX SMP N 3 Gresik. Penelitian ini adalah penelitian observasi (Observasional Research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah 6 peserta didik kelas IX SMP N 3 Gresik, yang terdiri atas 2 peserta didik berkemampuan matematika tinggi, 2 peserta didik berkemampuan matematika sedang dan 2 peserta didik berkemampuan matematika rendah. Observasi terhadap subjek penelitian dilakukan tiga kali pertemuan. Instrumen penelitian yang dipergunakan adalah lembar pengamatan dan tes tertulis. Hasil penelitian menunjukkan nilai-nilai matematika yang didapatkan oleh peserta didik berkemampuan matematika tinggi adalah nilai rasional, nilai objektif, nilai kontrol, nilai kemajuan dan nilai keterbukaan. Sedangkan nilai-nilai matematika yang didapatkan oleh peserta didik berkemampuan matematika sedang adalah nilai rasional, nilai objektif, nilai kontrol dan nilai keterbukaan. Serta nilai-nilai matematika yang didapatkan oleh peserta didik berkemampuan matematika rendah adalah nilai rasional, nilai objektif, nilai kontrol dan nilai misteri.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Subjects: Mathematic Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Mathematic Education Study Program
Depositing User: Shandy Rahma Ramadhan, S.IIP
Date Deposited: 22 Nov 2018 01:57
Last Modified: 08 Mar 2019 01:37
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/778

Actions (login required)

View Item View Item