PERANAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA AL – QUR’AN PADA PESERTA DIDIK DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA WACHID HASYIM 7 SURABAYA

RACHMAN, AULIA ABDUL (2019) PERANAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA AL – QUR’AN PADA PESERTA DIDIK DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA WACHID HASYIM 7 SURABAYA. undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH GRESIK.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (295kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab I.pdf

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab II.pdf

Download (220kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab III.pdf

Download (43kB) | Preview
[img] Text
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (168kB)
[img]
Preview
Text
Bab V.pdf

Download (28kB) | Preview

Abstract

Al-Qur’an merupakan kitab suci umat Islam sebagai sumber ajaran Islam dan merupakan sumber segala ilmu pengetahuan yang dijadikan landasan dalam pendidikan agama Islam. Dalam proses pendidikan ajaran Islam, segala sumber ilmu pengetahuan diambil dari dalil-dalil yang ada dalam Al-Qur’an. SMP Wachid Hasyim 7 Surabaya sebagai lembaga pendidikan yang melaksanakan program wajib bagi siswa yakni mampu membaca Al-Qur’an, maka untuk mencapai tujuan tersebut, SMP Wachid Hasyim 7 Surabaya melalui guru Pendidikan Agama Islam (PAI) melakukan beberapa upaya untuk mengatasi kesulitan membaca Al-Qur’an. Dalam hal mengatasi kesulitan membaca Al-Qur’an, guru Pendidikan Agama Islam memiliki peran dan tanggung jawab akan hal tersebut, yang bertugas membina dan memantau perkembangan anak didiknya dalam kemampuan membaca Al-Qur’an. Peranan guru sangatlah penting dalam mengatasi masalah kesulitan peserta didik seperti dikemukakan dalam paragraf diatas. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research), yaitu penelitian yang pengumpulan datanya diperoleh dengan melakukan penulisan secara langsung di lapangan. Adapun pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan metode analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif kualitatif yaitu dalam bentuk narasi melalui proses pengumpulan data, reduksi data, sajian data, kesimpulan dan verifikasi. Penarikan kesimpulannya disusun menggunakan pola pikir induktif. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa peran guru Pendidikan Agama Islam yaitu sebagai pembinmbing dan motivator untuk mendorong peserta didik lebih aktif dan kreatif dalam membaca dan meningkatkan bacaan Al – Qur’an.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Subjects: Islamic Education
Divisions: Faculty of Islamic Relegion > Islamic Education Study Program
Depositing User: Shandy Rahma Ramadhan, S.IIP
Date Deposited: 09 Jan 2019 04:13
Last Modified: 06 Mar 2019 06:27
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/803

Actions (login required)

View Item View Item