Metode Applied Behavior Analysis (ABA) dalam Meningkatkan Kemampuan Interaksi Sosial pada Anak Autis Usia 4-6 Tahun

Zumarnis, Oktantia (2022) Metode Applied Behavior Analysis (ABA) dalam Meningkatkan Kemampuan Interaksi Sosial pada Anak Autis Usia 4-6 Tahun. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah gresik.

[img]
Preview
Text
HALAMAN PERNYATAAN ORISINALITAS.pdf

Download (226kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (274kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI KARYA ILMIAH.pdf

Download (413kB) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (881kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (255kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (307kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (161kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (433kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (175kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (42kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh metode Applied Behavior Analysis (ABA) dalam meningkatkan kemampuan interaksi sosial pada anak autis usia 4-6 tahun. Hipotesis yang diajukan adalah metode ABA berpengaruh dalam meningkatkan kemampuan interaksi sosial pada anak autis usia 4-6 tahun. Subjek penelitian awalnya adalah 4 anak autis di Amanah Terapi dan Edukasi Gresik. Namun, di akhir sesi treatment subjek yang tersisa adalah 2 anak autis. Skala kemampuan interaksi sosial pada penelitian ini menggunakan ATEC (Autism Treatment Evaluation Checklist) kemampuan interaksi sosial mengadopsi Hapsari (2016) yang berjumlah 20 item. Penelitian ini menggunakan rancangan one group pretest posttest design. Treatment metode ABA diberikan selama 10 pertemuan dengan dibagi 2 sesi setiap pertemuan, pada setiap sesi berdurasi 2 jam. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji Wilcoxon. Hasilnya menunjukkan (Z= -1,342; p= 0,180), yang artinya nilai p lebih besar daripada nilai alpha 0,05. Sehingga dapat dikatakan bahwa tidak terdapat perbedaan antara skor pretest dan posttest pada subjek setelah mendapatkan treatment metode ABA. Sedangkan pada perhitungan gain scoremenunjukkan bahwa subjek mengalami peningkatan 2 hingga 3 skor. Artinya, menurut perhitungan gain score subjek mengalami peningkatan namun tidak signifikan.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Interaksi Sosial, Metode Applied Behavior Analysis (ABA), Autis.
Subjects: Psychology > Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Psychology Study Program
Depositing User: Oktantia Zumarnis
Date Deposited: 14 Jul 2023 03:02
Last Modified: 14 Jul 2023 03:02
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/8147

Actions (login required)

View Item View Item