Zumarnis, Oktantia (2022) Metode Applied Behavior Analysis (ABA) dalam Meningkatkan Kemampuan Interaksi Sosial pada Anak Autis Usia 4-6 Tahun. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah gresik.
|
Text
HALAMAN PERNYATAAN ORISINALITAS.pdf Download (226kB) | Preview |
|
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (274kB) | Preview |
|
|
Text
LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI KARYA ILMIAH.pdf Download (413kB) | Preview |
|
|
Text
HALAMAN JUDUL.pdf Download (881kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (255kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (307kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (161kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (433kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (175kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (42kB) | Preview |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh metode Applied Behavior Analysis (ABA) dalam meningkatkan kemampuan interaksi sosial pada anak autis usia 4-6 tahun. Hipotesis yang diajukan adalah metode ABA berpengaruh dalam meningkatkan kemampuan interaksi sosial pada anak autis usia 4-6 tahun. Subjek penelitian awalnya adalah 4 anak autis di Amanah Terapi dan Edukasi Gresik. Namun, di akhir sesi treatment subjek yang tersisa adalah 2 anak autis. Skala kemampuan interaksi sosial pada penelitian ini menggunakan ATEC (Autism Treatment Evaluation Checklist) kemampuan interaksi sosial mengadopsi Hapsari (2016) yang berjumlah 20 item. Penelitian ini menggunakan rancangan one group pretest posttest design. Treatment metode ABA diberikan selama 10 pertemuan dengan dibagi 2 sesi setiap pertemuan, pada setiap sesi berdurasi 2 jam. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji Wilcoxon. Hasilnya menunjukkan (Z= -1,342; p= 0,180), yang artinya nilai p lebih besar daripada nilai alpha 0,05. Sehingga dapat dikatakan bahwa tidak terdapat perbedaan antara skor pretest dan posttest pada subjek setelah mendapatkan treatment metode ABA. Sedangkan pada perhitungan gain scoremenunjukkan bahwa subjek mengalami peningkatan 2 hingga 3 skor. Artinya, menurut perhitungan gain score subjek mengalami peningkatan namun tidak signifikan.
Item Type: | Thesis (undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Interaksi Sosial, Metode Applied Behavior Analysis (ABA), Autis. |
Subjects: | Psychology > Psychology |
Divisions: | Faculty of Psychology > Psychology Study Program |
Depositing User: | Oktantia Zumarnis |
Date Deposited: | 14 Jul 2023 03:02 |
Last Modified: | 14 Jul 2023 03:02 |
URI: | http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/8147 |
Actions (login required)
View Item |