Profil Kemandirian Belajar Siswa Kelas IV SD Pada Pembelajaran Matematika Materi Operasi Bilangan Dimasa Pandemi Covid-19

Nurmalasari, Febriyanti Ayu (2021) Profil Kemandirian Belajar Siswa Kelas IV SD Pada Pembelajaran Matematika Materi Operasi Bilangan Dimasa Pandemi Covid-19. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img] Text
File 1 Halaman Pernyataan Orisinalitas.pdf

Download (293kB)
[img] Text
File 2 Halaman Pengesahan .pdf

Download (291kB)
[img] Text
File 3 lEMBAR pERSETUJUAN kARYA ilmiah .pdf

Download (346kB)
[img] Text
File 4 Halaman Judul.pdf

Download (784kB)
[img] Text
File 5 Bab 1.pdf

Download (241kB)
[img] Text
File 6 Bab 2.pdf

Download (707kB)
[img] Text
File 7 Bab 3.pdf

Download (607kB)
[img] Text
File 8 Bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (958kB)
[img] Text
File 9 Bab 5.pdf

Download (214kB)
[img] Text
File 10 Daftar Pustaka.pdf

Download (338kB)
[img] Text
File 11 Lampiran.pdf

Download (1MB)

Abstract

Melihat kondisi pembelajaran sekarang. ditemukan beberapa masalah yaitu dapat dilihat dari cara belajar peserta didik yang sangat bermacam-macam. Ada peserta didik yang aktif dan pasif. Ada peserta didik yang mandiri dan ada yang bergantung pada orang lain. Pada penelitian ini peneliti akan mendeskripsikan kemandirian belajar siswa di SD Muhammadiyah Siday, dimana diambil sampel siswa yang berkemandirian belajar tinggi, sedang dan rendah dari angket yang diberikan beserta konsultasi dengan guru, setelah sampel diambil peneliti melakukan wawancara kepada wali murid dan wali kelas setelah itu membandingkan transkip nilai harian dan nilai akhir semester. Hasil yang didapatkan peserta didik yang berkemandirian tinggi memiliki sedikit kendala dalam belajarnya dan mampu menyelesaikan sendiir. Sedangkan peserta didik yang berkemandirian rendah sulit untuk menyelesaikan kendala belajarnya. Tingkat kemandirian belajar juga berpengaruh pada nilai yang diperoleh. Peserta didik yang memiliki kemandirian belajar tinggi memperoleh nilai diatas rata-rata teman sekelasnya. Begitupula sebaliknya, siswa yang memiliki kemandirian belajar rendah memperoleh nilai dibawah rata-rata teman sekelasnya, Penelitian kualitatif ini menggunakan empat tahap yaitu collection, display, reduction dan conclusions drawing/verification. Subjek penelitian ini adalah peserta didik SD Muhammadiyah Sidayu yang berjumlah 20 peserta didik. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah, validasi, angket, observasi respon peserta didik. Berdasarkan hasil analisis data dan hasil validasi diperoleh bahwa kemandirian belajar siswa pada pembelajaran matematika dikategorikan 75% sedangkan hasil angket dikategorikan 85%.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kemandirian Belajar, Matematika
Subjects: Education
Primary and secondary education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Primary Teacher Education Study Program
Depositing User: Febriyanti Ayu Nurmalasari
Date Deposited: 10 Jul 2023 04:50
Last Modified: 10 Jul 2023 04:50
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/8202

Actions (login required)

View Item View Item