Analisis Kemampuan Numerasi Peserta Didik Berdasarkan Perbedaan Jenis Pengetahuan Metakognisi Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika

Rahmah, Nadhila Alya (2022) Analisis Kemampuan Numerasi Peserta Didik Berdasarkan Perbedaan Jenis Pengetahuan Metakognisi Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img] Text
2023_TA_PMTK_180402022_Halaman Pernyataan Orisinalitas (Keaslian).pdf

Download (249kB)
[img] Text
2023_TA_PMTK_180402022_Halaman Pengesahan.pdf

Download (247kB)
[img] Text
2023_TA_PMTK_180402022_Halaman Persetujuan Publikasi.pdf

Download (297kB)
[img] Text
2023_TA_PMTK_180402022_Halaman Judul.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2023_TA_PMTK_180402022_Bab 1.pdf

Download (213kB)
[img] Text
2023_TA_PMTK_180402022_Bab 2.pdf

Download (183kB)
[img] Text
2023_TA_PMTK_180402022_Bab 3.pdf

Download (257kB)
[img] Text
2023_TA_PMTK_180402022_Bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
2023_TA_PMTK_180402022_Bab 5.pdf

Download (136kB)
[img] Text
2023_TA_PMTK_180402022_Daftar Pustaka.pdf

Download (135kB)
[img] Text
2023_TA_PMTK_180402022_Lampiran.pdf

Download (939kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat kemampuan numerasi peserta didik berdasarkan jenis pengetahuan metakognisi dengan mengacu pada indikator kemampuan numerasi dan disesuaikan dengan tahapan proses penyelesaian masalah. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang dilaksanakan di SMAN 1 Cerme Gresik kelas X MIPA-5 dengan melibatkan tiga peserta didik sebagai subjek penelitian, yang masing-masing satu peserta didik mewakili jenis pengetahuan metakognisinya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa diperoleh tiga jenis pengetahuan, pada peserta didik yang mengacu pada tiga indikator kemampuan numerasi yakni : (I1) Kemampuan menganalsis informasi yang disajikan dalam berbagai bentuk yang meliputi : gambar, grafik, tabel, bagan, diagram; (I2) Kemampuan menggunakan simbol atau berbagai macam angka yang terkait dengan matematika dasarndalam mneyelesaikan masalah kehidupan sehari-hari ; (I3) Kemampuan menafsirkan hasil analisis untuk mengambil keputusan yang tepat. Dengan ini peserta didik dengan jenis pengetahuan deklaratif mampu menguasai dua indikator I1 dan I3, namun kurang menguasai pada satu indikator I2; peserta didik dengan jenis pengetahuan prosedural mampu menguasai semua indikator kemampuan numerasi I1, I2, I3 ; peserta didik dengan jenis pengetahuan kondisional cukup mampu menguasai hanya satu indikator saja I1, sedangkan untuk kedua indikator tergolong tidak mampu menguasai I2, I3.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Numerasi, Pengetahuan Metakognisi, Menyelesaikan Masalah Matematika
Subjects: Education
Mathematic Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Mathematic Education Study Program
Depositing User: Nadhila Alya Rahmah
Date Deposited: 15 Sep 2023 09:04
Last Modified: 15 Sep 2023 09:04
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/8290

Actions (login required)

View Item View Item