Pengaruh Penggunaan Media Edutainment Terhadap Minat Belajar Dan Kemampuan Numerik Peserta Didik Smp Kelas Vii Di Masa Pandemi Covid-19

Faizah, Nur (2022) Pengaruh Penggunaan Media Edutainment Terhadap Minat Belajar Dan Kemampuan Numerik Peserta Didik Smp Kelas Vii Di Masa Pandemi Covid-19. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img] Text
2023_TA_PMTK_180402009_Halaman Pernyataan Orisinalitas (Keaslian).pdf

Download (252kB)
[img] Text
2023_TA_PMTK_180402009_Halaman Pengesahan.pdf

Download (237kB)
[img] Text
2023_TA_PMTK_180402009_Halaman Persetujuan Publikasi.pdf

Download (290kB)
[img] Text
2023_TA_PMTK_180402009_Halaman Judul.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2023_TA_PMTK_180402009_Bab 1.pdf

Download (800kB)
[img] Text
2023_TA_PMTK_180402009_Bab 2.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2023_TA_PMTK_180402009_Bab 3.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2023_TA_PMTK_180402009_Bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
2023_TA_PMTK_180402009_Bab 5.pdf

Download (499kB)
[img] Text
2023_TA_PMTK_180402009_Daftar Pustaka.pdf

Download (617kB)
[img] Text
2023_TA_PMTK_180402009_Lampiran.pdf

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui adanya pengaruh penggunaan media edutainment terhadap minat belajar dan kemampuan numerik peserta didik SMP kelas VII pada semester genap tahun ajaran 2021/2022. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII di 5 SMP se-Kecamatan Gresik yang berjumlah 702 peserta didik. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 254 peserta didik yang didapatkan dengan menggunakan rumus slovin dengan teknik sampling proportionate claster random sampling dengan taraf kesalahan sebesar 5%. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan penggunaan media edutainment, tes kemampuan numerik peserta didik, dan kuesioner minat belajar peserta didik. Tes analisis data yang digunakan adalah Structural Equation Modelling (SEM) dengan menggunakan program Amos 24. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara penggunaan media edutainment dengan minat belajar peserta didik. (2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara penggunaan media edutainment dengan kemampuan numerik peserta didik. (3) Terdapat pengaruh antara minat belajar dengan kemampuan numerik peserta didik.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Media Edutainment, Minat Belajar, Kemampuan Numerik
Subjects: Education
Mathematic Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Mathematic Education Study Program
Depositing User: Nur Faizah
Date Deposited: 15 Sep 2023 08:52
Last Modified: 15 Sep 2023 08:52
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/8292

Actions (login required)

View Item View Item