Efektivitas Model Pembelajaran Savi (Somatic, Auditory, Visual, Intelectually) Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Materi Bangun Datar Siswa Kelas IV SD

Santi, Risma Nur (2022) Efektivitas Model Pembelajaran Savi (Somatic, Auditory, Visual, Intelectually) Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Materi Bangun Datar Siswa Kelas IV SD. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img] Text
1. HALAMAN PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (168kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN SKRIPSI.pdf

Download (114kB)
[img] Text
3. LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf

Download (419kB)
[img] Text
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (747kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (331kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (726kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (681kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (474kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (299kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (191kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (937kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pemahaman konsep matematika materi bangun datar antara peserta didik yang memperoleh pembelajaran dengan model SAVI (Somatic, Auditory, Visual, Intellectual) dengan peserta didik yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian quasi eksprerimen dengan menggunakan desain penelitian nonequivalent control group design. Populasi pada penelitian ini adalah semua siswa kelas IV MI Ma’arif NU Manba’ur Rohmah Tahun Ajaran 2021/2022. Pengambilan sampel penelitian menggunakan teknik nonprobability Sampling dengan jenis sampling jenuh. Sampel penelitian dilakukan pada kelas IV A dan IV B, dimana dua kelas sampel diberi perlakuan berbeda. Dari hasil penelitian yang dilakukan bahwa model pembelajaran SAVI dapat dikatakan efektif dalam pemahaman konsep matematika materi bangun datar di kelas IV MI Ma’arif NU Manba’ur Rohmah. Dengan hasil uji independent T-test yang dilakukan menunjukkan nilai sig (2-tailed) ≤ 0,05 yaitu sebesar 0,000 maka hasil keputusan yang dapat disimpulkan yaitu terdapat perbedaan yang signifikan terhadap pemahaman konsep matematika materi bangun datar antara peserta didik yang memperoleh pembelajaran dengan model SAVI (Somatic, Auditory, Visual, Intellectual) dengan peserta didik yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Kata Kunci: Model SAVI; Pemahaman Konsep Matematika.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Model SAVI, Pemahaman Konsep Matematika
Subjects: Education
Primary and secondary education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Primary Teacher Education Study Program
Depositing User: Risma Nur Santi
Date Deposited: 29 Nov 2023 01:06
Last Modified: 29 Nov 2023 01:06
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/8792

Actions (login required)

View Item View Item