Najibah, Asmaul (2021) Pengaruh Minat, Kepercayaan Diri, Dan Kreativitas Terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik Kelas Xi Mia Di SMA Muhammadiyah 06 Paciran. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.
|
Text
PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.pdf Download (190kB) | Preview |
|
|
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (46kB) | Preview |
|
|
Text
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (197kB) | Preview |
|
Text
HALAMAN PERNYATAAN PERSETUJUAN DAN PUBLIKASI.pdf.crdownload Download (1MB) |
||
|
Text
HALAMAN JUDUL.pdf Download (766kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 1.pdf Download (217kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 2.pdf Download (561kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 3.pdf Download (384kB) | Preview |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (707kB) |
||
|
Text
BAB 5.pdf Download (102kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (310kB) | Preview |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Prestasi belajar dapat dipengaruhi oleh dua faktor, yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Dimana faktor internal berupa minat, bakat, kepercayaan diri, dan lain – lain, sedangkan faktor eksternal berupa faktor keluarga (cara orang tua mendidik), faktor sekolah (cara guru mengajar), dan lain – lain. Setiap peserta didik ingin mendapatkan prestasi belajar yang baik, tetapi untuk menghasilkan prestasi yang baik membutuhkan usaha. Penelitian ini termasuk penelitian korelasi yang tergolong dalam jenis penelitian kuantitatif. Anggota populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI MIA di SMA Muhammadiyah 06 Paciran tahun 2020/ 2021 yang berjumlah 85 peserta didik. Kelas XI MIA terbagi menjadi 4 kelas dan peneliti mengambil dua kelas sebagai sampel secara acak dengan cara diundi. Sebelum diundi peneliti melakukan uji homogenitas. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket dan soal tes. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier sederhana dan regresi linier berganda. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel minat mempunyai nilai t sebesar 3,600 dengan nilai sig 0,001 < 0,05 maka variabel minat berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar. hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel kepercayaan diri diperoleh nilai t sebesar -2,047 dengan nilai sig 0,047 < 0,05 maka variabel kepercayaan diri berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar. hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel kreativitas diperoleh nilai t sebesar 6,089 dengan nilai sig 0,00 < 0,05. maka variabel kreativitas berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar Pengaruh minat (X1), kepercayaan diri (X2), dan kreativitas (X3) terhadap prestasi belajar (Y) berdasarkan hasil pengujian diperoleh nilai F hitung sebesar 49,248 dengan nilai sig 0,000 < 0,05 maka berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar. persentase variabel X (minat, kepercayaan diri dan kreativitas) terhadap variabel Y (prestasi belajar) sebesar 88,7%. Artinya variabel prestasi belajar dapat dijelaskan atau dipengaruhi oleh variabel minat, kepercayaan diri dan kreativitas, sedangkan sisanya 11,3% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak teliti.
Item Type: | Thesis (undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Minat, kepercayaan diri, kreativitas, dan prestasi belajar |
Subjects: | Education Mathematic Education |
Divisions: | Faculty of Teacher Training and Education > Mathematic Education Study Program |
Depositing User: | Asmaul Najibah |
Date Deposited: | 17 Nov 2023 21:45 |
Last Modified: | 17 Nov 2023 21:45 |
URI: | http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/8835 |
Actions (login required)
View Item |