Analisis Pengaruh Keterampilan, Modal Usaha dan Strategi Pemasaran Terhadap Pengembangan UKM Pengrajin Tas Kecamatan Gresik Kabupaten Gresik

Khotimah, Khusnul (2018) Analisis Pengaruh Keterampilan, Modal Usaha dan Strategi Pemasaran Terhadap Pengembangan UKM Pengrajin Tas Kecamatan Gresik Kabupaten Gresik. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img] Text
BAB I OKE.pdf

Download (303kB)
[img] Text
BAB II OKE.pdf

Download (247kB)
[img] Text
BAB III OKE.pdf

Download (322kB)
[img] Text
BAB IV OKE.pdf
Restricted to Registered users only

Download (689kB)
[img] Text
BAB V OKE.pdf

Download (9kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (101kB)

Abstract

Usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) merupakan salah satu bagian penting dari perekonomian suatu Negara atau pun daerah. Peran penting tersebut telah mendorong banyak Negara termasuk Indonesia untuk terus berupaya mengembangkan UMKM. Walaupun kecil dalam skala jumlah pekerja, aset dan omzet, namun karena jumlahnya cukup besar, maka peranan UMKM cukup penting dalam menunjang perekonomian. Pengembangan UMKM menjadi factor pendukung peningkatan berbagai macam usaha baik usaha kategori mikro, kecil dan menengah, khususnya di Kota Gresik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh keterampilan, modal usaha dan strategi pemasaran terhadap pengembagan UKM. Metode yang dilakukan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif, populasi dari penelitian ini adalah UKM yang masih aktif sebanyak 67 UKM. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi berganda yang dilanjutkan dengan uji t dengan taraf signifikansi 0,50. Hasil penelitian menunjukan bahwa keterampilan dan modal usaha secara individu dan secara bersama berpengaruh signifikan terhadap pengembangan UKM, sedangkan strategi pemasaran secara individu tidak berpengaruh signifikan terhadap pengembangan UKM, namun demikian secara bersama berpengaruh signifikan.hal ini dapat dijelaskan dalam menjalankan usahanya para UKM lebih menekankan pada pemenuhan produk secara langsung sesuai keperluan konsumen dan penetapan harga hanya mengikuti pesaing sehingga tidak menggunakan strategi penentuan harga.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Subjects: Economic And Business
Economic And Business > Management
Divisions: Faculty of Economic and Business > Management Study Program
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Apr 2018 09:54
Last Modified: 15 Mar 2019 06:10
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/90

Actions (login required)

View Item View Item