Juliati, Kristin (2023) Evaluasi Kinerja Operasional dan Pelayanan Bus Trans Jatim Rute Bunder-Porong. undergraduate thesis, Universistas Muhammadiyah Gresik.
|
Text
HALAMAN PERNYATAAN ORISINALITAS.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
HALAMAN PERSETUJUAN SKRIPSI.pdf Download (294kB) | Preview |
|
|
Text
HALAMAN PERSETUJUAN PUBLIKASI SKRIPSI.pdf Download (435kB) | Preview |
|
|
Text
HALAMAN JUDUL.pdf Download (597kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (139kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (324kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (111kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (514kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (127kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (127kB) | Preview |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (4MB) | Preview |
Abstract
Kabupaten Gresik merupakan Sub Wilayah Pengembangan Bagian (SWPB) yang tidak terlepas dari kegiatan sub wilayah pengembangan Gerbang Kertosusilo (Gresik, Bangkalan, Mojokerto, Surabaya, Sidoarjo, Lamongan). Dengan semakin banyaknya kegiatan-kegiatan yang membutuhkan jasa transportasi sehingga bertambah pula intensitas pergerakan lalu lintas antar kota antar provinsi (AKAP). Transportasi massal yang ada di Kabupaten Gresik ialah Bus Trans Jatim. Trans Jatim adalah suatu sistem transportasi bus cepat, murah, dan ber-AC yang beroperasi di seputar Kota Gresik-Surabaya-Sidoarjo. Trans Jatim merupakan salah satu bagian dari program bus rapid transit (BRT) di Indonesia dengan skema pembelian layanan (Buy The Service). Bus Trans Jatim resmi di buka pada tanggal 19 Agustus 2022. Dalam pelaksanaannya mungkin saja terjadi berbagai kendala dan permasalahan, misalnya kedatangan bus tiap-tiap halte tidak sesuai dengan rencana waktu tunggu yaitu lebih dari 10 menit, dan banyaknya peminat sehingga faktor muat terlalu over load. Sehingga dibutuhkan evaluasi kinerja operasional dan pelayanan Bus Trans Jatim.Penelitian ini dimulai dengan melakukan survei dan pengumpulan data di lapangan seperti waktu tempuh, waktu antara, kecepatan perjalanan, dan waktu tunggu. Data yang dikumpulkan kemudian dianalisis yang meliputi analisis faktor muat, analisis waktu tempuh, analisis waktu antara, analisis kecepatan, waktu tunggu, frekuensi kendaraan. Hasil penelitian kemudian dianalisis dengan menggunakan Surat Keputusan Direktorat Jenderal Perhubungan Nomor : SK.687/AJ.206/DRJD/2002 tentang Pedoman Teknis Penyelenggaraan Angkutan Umum Di Wilayah Perkotaan Dalam Trayek Tetap dan Teratur. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kinerja Bus Trans Jatim yang telah memenuhi syarat yaitu, kecepatan perjalanan bus sebesar 28,02 km/jam, waktu tunggu sebesar 14,3 menit, dan frekuensi sebesar 4 kendaraan/jam. Yang tidak memenuhi syarat yaitu load factor sebesar 34%, waktu tempuh 128 menit, waktu antara (headway) sebesar 15 menit, dan jumlah penumpang sebanyak 137 penumpang. Untuk hasil penelitian kondisi pelayanan menunjukkan nilai tingkat capaian responden dari pertanyaan kuesioner rata-rata yang diperoleh 85% atau sangat baik.
Item Type: | Thesis (undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Bus Rapid Transit, Bus Trans Jatim, Evaluasi Kinerja |
Subjects: | Engineering Manufacture |
Divisions: | Faculty of Engineering > Civil Engineering Study Program |
Depositing User: | Kristin Juliati |
Date Deposited: | 23 Oct 2023 22:52 |
Last Modified: | 23 Oct 2023 22:52 |
URI: | http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/9044 |
Actions (login required)
View Item |