SARI, DEVI EVITA (2019) PENGARUH STRATEGI INKUIRI MODEL ALBERTA TERHADAP KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIKA DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA PESERTA DIDIK PADA MATERI HIMPUNAN DI KELAS VII MTs NURUL ISLAM PONGANGAN. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.
|
Text
abstrak ix.pdf Download (85kB) | Preview |
|
|
Text
bab 1.pdf Download (282kB) | Preview |
|
|
Text
bab 2.pdf Download (521kB) | Preview |
|
|
Text
bab 3.pdf Download (408kB) | Preview |
|
Text
bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
|
Text
bab 5.pdf Download (88kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (165kB) | Preview |
Abstract
Tujuan Utama dalam penelitian ini adalah mengetahui pengaruh strategi Inkuiri model Alberta terhadap kemampuan koneksi matematika, mengetahui pengaruh kemampuan koneksi matematika terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika. Jenis penelitian yang digunakan dalam dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif (pengukuran variabel-variabel penelitian dengan angka dan memerlukan analisis data dengan prosedur statistik) , menurut fungsinya jenis penelitian ini merupakan penelitian korelasional,dan menurut tujuan penelitian yang telah ditetapkan, maka jenis penelitian ini adalah explanatory. Populasi penelitian adalah seluruh kelas VII MTs Nurul Islam Pongangan tahun pelajaran 2018/2019 , sedangkan sampel penelitian sebanyak 158 peserta didik (5 kelas) yang dipilih dengan tekhnik pemilihan sampel jenuh. Instrument penelitian yang dipergunakan adalah lembar kuesioner strategi Inkuiri model Alberta, Soal Tes koneksi matematika, dan soal tes kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik yang sebelumnya diuji validitas dan reliabilitasnya. Berdasarkan hasil analisis jalur menunjukkan bahwa Variabel Strategi Inkuiri Model Alberta (X) mempunyai pengaruh secara signifikan (langsung) terhadap kemampuan koneksi matematika (Y1) dengan nilai sebesar 0,000. Variabel Strategi Inkuiri model Alberta (X) tidak mempunyai pengaruh secara langsung terhadap variabel Kemampuan Pemecahan Masalah (Y2) yaitu sebesar 0,416 x 0,613 = 0,255008 atau dibulatkan menjadi 0,255. Kemampuan koneksi matematika (Y1) mempunyai pengaruh secara signifikan (langsung) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika (Y2) dengan nilai sebesar 0,000.
Item Type: | Thesis (undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Mathematic Education |
Divisions: | Faculty of Teacher Training and Education > Mathematic Education Study Program |
Depositing User: | Shandy Rahma Ramadhan, S.IIP |
Date Deposited: | 26 Mar 2019 02:17 |
Last Modified: | 26 Mar 2019 02:17 |
URI: | http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/907 |
Actions (login required)
View Item |