Sholikhah, Dian Ma'rifatus (2023) Pengembangan Scrapopbox (Scrap and Pop up Box) Metamorfosis Hewan Di Sekolah Dasar. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.
|
Text
2019_TA_PGSD_190404020_PERNYATAAN KEASLIHAN TULISAN.pdf Download (117kB) | Preview |
|
|
Text
2019_TA_PGSD_190404020_LEMBAR PERSETUJUAN SKRIPSI.pdf Download (43kB) | Preview |
|
|
Text
2019_TA_PGSD_190404020_LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (140kB) | Preview |
|
|
Text
2019_TA_PGSD_190404020_HALAMAN PERNYATAAN PERSETUJUAN TUGAS AKHIR.pdf Download (129kB) | Preview |
|
|
Text
2019_TA_PGSD_190404020_HALAMAN JUDUL.pdf Download (512kB) | Preview |
|
|
Text
2019_TA_PGSD_190404020_BAB I.pdf Download (337kB) | Preview |
|
|
Text
2019_TA_PGSD_190404020_BAB II.pdf Download (527kB) | Preview |
|
|
Text
2019_TA_PGSD_190404020_BAB III.pdf Download (490kB) | Preview |
|
Text
2019_TA_PGSD_190404020_BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (678kB) |
||
|
Text
2019_TA_PGSD_190404020_BAB V.pdf Download (320kB) | Preview |
|
|
Text
2019_TA_PGSD_190404020_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (430kB) | Preview |
|
|
Text
2019_TA_PGSD_190404020_LAMPIRAN.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangakan media pembelajaran Scrapopbox untuk materi metamorfosis hewan pada kelas V Sekolah Dasar. Proses pengembangan media pembelajaran menggunakan model pengembangan yang telah dikembangkan oleh Reiser and Mollenda, model ADDIE dengan lima tahapan yaitu analisis (analysis), perencanaan (design), pengembangan (development), implementasi (implementation), dan evaluasi (evaluation). Hasil pengembangan berupa media pembelajaran Scrapopbox yang didalamnya terdapat scrap, pop up dan miniatur hewan mainan. Sumber data dalam penelitian pengembangan ini adalah peserta didik kelas V SD Alam Muhammadiyah Kedanyang (Almadany) yang berjumlah 18 peserta didik.pengumpulan data yang digunakan adalah validasi media pembelajaran, tes hasil belajar, dan angket respon peserta didik. Dengan analisis data yaitu analisis kevalidan media pembelajaran, analisis keefektifan, dan analisis respon pengguna media pembelajaran. Berdasarkan analisis data hasil validasi, uji coba dan respon pengguna diperoleh bahwa media pembelajaran Scrapopbox untuk materi metamorfosis hewan kelas V SD Alam Muhammadiyah Kedanyang (Almadany) memenuhi kriteria baik, yang sebagai berikut: a) hasil validasi media pembelajaran oleh dua validator ahli media memperoleh persentase 87,5 % yang dikategorikan dalam valid dan dapat digunakan saat proses pembelajaran, b) dikategorikan efektif dari hasil ketuntasan belajar, hasil persentase ketuntasan belajar klasikal sebesar 100 %, maka dapat dikatakan ketuntasan belajar peserta didik tercapai karena mencapai angka ≥ 75 % , c) hasil respon peserta didik terhadap media pembelajaran Scrapopbox memperoleh persentase 98,33 % yang dikategorikan sangat baik.
Item Type: | Thesis (undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model ADDIE, Scrapopbox, Metamorfosis hewan. |
Subjects: | Education Primary and secondary education |
Divisions: | Faculty of Teacher Training and Education > Primary Teacher Education Study Program |
Depositing User: | Dian Ma'rifatus Sholikhah |
Date Deposited: | 18 Nov 2023 00:56 |
Last Modified: | 18 Nov 2023 00:56 |
URI: | http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/9177 |
Actions (login required)
View Item |