Pengembangan Scrapopbox (Scrap and Pop up Box) Metamorfosis Hewan Di Sekolah Dasar

Sholikhah, Dian Ma'rifatus (2023) Pengembangan Scrapopbox (Scrap and Pop up Box) Metamorfosis Hewan Di Sekolah Dasar. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img] Text
2019_TA_PGSD_190404020_PERNYATAAN KEASLIHAN TULISAN.pdf

Download (117kB)
[img] Text
2019_TA_PGSD_190404020_LEMBAR PERSETUJUAN SKRIPSI.pdf

Download (43kB)
[img] Text
2019_TA_PGSD_190404020_LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (140kB)
[img] Text
2019_TA_PGSD_190404020_HALAMAN PERNYATAAN PERSETUJUAN TUGAS AKHIR.pdf

Download (129kB)
[img] Text
2019_TA_PGSD_190404020_HALAMAN JUDUL.pdf

Download (512kB)
[img] Text
2019_TA_PGSD_190404020_BAB I.pdf

Download (337kB)
[img] Text
2019_TA_PGSD_190404020_BAB II.pdf

Download (527kB)
[img] Text
2019_TA_PGSD_190404020_BAB III.pdf

Download (490kB)
[img] Text
2019_TA_PGSD_190404020_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (678kB)
[img] Text
2019_TA_PGSD_190404020_BAB V.pdf

Download (320kB)
[img] Text
2019_TA_PGSD_190404020_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (430kB)
[img] Text
2019_TA_PGSD_190404020_LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangakan media pembelajaran Scrapopbox untuk materi metamorfosis hewan pada kelas V Sekolah Dasar. Proses pengembangan media pembelajaran menggunakan model pengembangan yang telah dikembangkan oleh Reiser and Mollenda, model ADDIE dengan lima tahapan yaitu analisis (analysis), perencanaan (design), pengembangan (development), implementasi (implementation), dan evaluasi (evaluation). Hasil pengembangan berupa media pembelajaran Scrapopbox yang didalamnya terdapat scrap, pop up dan miniatur hewan mainan. Sumber data dalam penelitian pengembangan ini adalah peserta didik kelas V SD Alam Muhammadiyah Kedanyang (Almadany) yang berjumlah 18 peserta didik.pengumpulan data yang digunakan adalah validasi media pembelajaran, tes hasil belajar, dan angket respon peserta didik. Dengan analisis data yaitu analisis kevalidan media pembelajaran, analisis keefektifan, dan analisis respon pengguna media pembelajaran. Berdasarkan analisis data hasil validasi, uji coba dan respon pengguna diperoleh bahwa media pembelajaran Scrapopbox untuk materi metamorfosis hewan kelas V SD Alam Muhammadiyah Kedanyang (Almadany) memenuhi kriteria baik, yang sebagai berikut: a) hasil validasi media pembelajaran oleh dua validator ahli media memperoleh persentase 87,5 % yang dikategorikan dalam valid dan dapat digunakan saat proses pembelajaran, b) dikategorikan efektif dari hasil ketuntasan belajar, hasil persentase ketuntasan belajar klasikal sebesar 100 %, maka dapat dikatakan ketuntasan belajar peserta didik tercapai karena mencapai angka ≥ 75 % , c) hasil respon peserta didik terhadap media pembelajaran Scrapopbox memperoleh persentase 98,33 % yang dikategorikan sangat baik.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Model ADDIE, Scrapopbox, Metamorfosis hewan.
Subjects: Education
Primary and secondary education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Primary Teacher Education Study Program
Depositing User: Dian Ma'rifatus Sholikhah
Date Deposited: 18 Nov 2023 00:56
Last Modified: 18 Nov 2023 00:56
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/9177

Actions (login required)

View Item View Item